Pastikan UMKM Naik Kelas, Wakil Wali Kota Surabaya Dukung Tumbuh Kembang SWK

Pastikan UMKM Naik Kelas, Wakil Wali Kota Surabaya Dukung Tumbuh Kembang SWK

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji berbincang dengan Ali Hano, selaku pemilik stan Agogo.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji memastikan bahwa Pemkot Surabaya terus memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah) di Surabaya. Bahkan perhatian terhadap pelaku UMKM ini tak henti-hentinya untuk memantau setiap perkembangan. 

Salah satu bukti keseriusan Pemkot Surabaya dalam mendukung keberlangsungan UMKM adalah dengan menyediakan wadah berupa Sentra Wisata Kuliner (SWK). Dengan sentra SWK ini akan dapat memperdagangkan barang hasil olahannya. 

"Di Surabaya ini ada puluhan SWK dan semuanya untuk rakyat Surabaya. Kami memberikan kesempatan kepada warga Surabaya untuk terus bertumbuh dan berkembang," ujarnya saat ditemui di stan roti srikaya Agogo Gwalk Citraland Surabaya, Senin, 10 Juni 2024.

Politikus PDIP Surabaya itu menilai, saat ini UMKM di Metropolis mulai menunjukkan perkembangan yang signifikan. Termasuk, lanjutnya, bagaimana para pelaku UMKM bersaing dalam hal kemasan hingga inovasi produk.

BACA JUGA:Harkitnas 2024, Wawali Armuji Imbau Masyarakat Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi

"Saya coba datang ke salah satu gerai UMKM roti Agogo. Saya sampaikan bahwa Surabaya ini kota yang sangat ramah terhadap UMKM. Saya juga mengajak mereka untuk berlomba-lomba terus berinovasi," imbuh mantan Ketua DPRD Kota Surabaya dia periode ini. 

Sementara itu, Ali Hano, selaku pemilik Agogo, mengatakan bahwa Surabaya masih memiliki tren positif untuk sektor industri makanan dan minuman, khususnya di kawasan Surabaya Barat. Area bisnis yang banyak menjadi incaran adalah G-Walk Citraland hingga Pakuwon Trade Center.

“Kami melakukan riset sebelumnya dengan data penjualan online sejak tiga bulan lalu. Ternyata, tren permintaan positif datang dari Surabaya, khususnya Surabaya Barat yang memiliki permintaan cukup tinggi,” tutur Ali Hano.

Ali menyatakan bahwa dirinya siap untuk berkompetisi di dunia kuliner Surabaya. Menurutnya, iklim bisnis bagi pelaku UMKM di Surabaya cukup bagus. "Kami berupaya untuk terus berinovasi dari segi produk dan mendengarkan apa yang diminta pasar," ungkapnya.(mik)

Sumber: