Permudah Layanan Masyarakat, Samsat Surabaya Utara Luncurkan Inovasi Samsat Dulur

Permudah Layanan Masyarakat, Samsat Surabaya Utara Luncurkan Inovasi Samsat Dulur

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim AKBP Raden Erik bersama jajaran meresmikan inovasi Samsat Dulur.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-78 Bhayangkara, Kantor Bersama (KB) Samsat Surabaya Utara meluncurkan inovasi baru bertajuk Samsat Dugi Kelurahan (Dulur), Selasa, 4 Juni 2024.

Peresmian Samsat Dulur ini dilakukan oleh Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim AKBP Raden Erik Bangun Prakasa, Kabid Pajak Bapenda Jatim Kresna Bimasakti, perwakilan Jasa Raharja Surabaya Yansen, Paur Samsat Surabaya Utara AKP Ega Prayudi, dan jajaran sektoral.

Dalam sambutannya, AKBP Raden Erik Bangun Prakasa melayangkan apresiasi kepada jajaran KB Samsat Surabaya Utara. Menurutnya, inovasi ini dapat semakin mempermudah masyarakat dalam kepengurusan pajak.

"Terima kasih banyak atas inovasi yang sudah dibuat. Seperti yang disampaikan senior-senior kita bahwa inovasi itu tidak perlu mulu-mulu, melainkan tinggal membuat gagasan yang sebelumnya tidak ada menjadi ada, nah Samsat Dulur ini contohnya. Saya sebagai kasubdit regident sangat mengapresiasi," ucap Erik.

BACA JUGA:Samsat Surabaya Utara Bagikan 300 Paket Takjil, Paur: Momen Tebar Kebaikan

Erik menjelaskan, inovasi yang dihadirkan KB Samsat Surabaya Utara ini dalam rangka menyambut HUT ke-78 Bhayangkara. Pihaknya ingin setiap samsat membuat terobosan pelayanan agar masyarakat atau wajib pajak termudahkan.

"Samsat Dulur ini di-launching dengan harapan bisa semakin mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Bagaimana masyarakat merasakan cepat, mudah, dan efisien dalam pembayaran pajak. Dengan begitu masyarakat bisa patuh dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor," tandasnya.

Sementara itu, Paur Samsat Surabaya Utara AKP Ega Prayudi bercerita bahwa inovasi ini berawal dari hasil evaluasi kurang optimalnya pelayanan unggulan yang selama ini dihadirkan. Yakni, Samsat Corner yang berada di mal atau pusat perbelanjaan.

Berangkat dari sana, tim KB Samsat Surabaya Utara akhirnya mencetuskan gagasan baru berupa pelayanan jemput bola di tingkat kelurahan bertajuk Samsat Dulur tersebut.

BACA JUGA:15.468 Lembar STNK Belum Diambil di Samsat Surabaya Utara

Nantinya masyarakat tak perlu jauh-jauh pergi ke kantor Samsat atau mal, melainkan cukup datang ke kantor kelurahan.

"Kami bekerja sama dengan lurah, bhabinkamtibmas, dan babinsa untuk menjalankan program ini. Sehingga mulai sekarang masyarakat cukup datang ke kelurahan kalau ingin membayar pajak. Akan ada anggota kami yang bertugas dan melayani masyarakat di kelurahan yang dituju," papar Ega.

Mekanisme program ini yakni, layanan mobile ke kelurahan-kelurahan yang ada di cakupan wilayah Samsat Surabaya Utara.

Saat ini, terdapat dua buah kendaraan roda dua yang siap meluncur ke kelurahan. Di sana petugas akan standby untuk melayani masyarakat yang ingin membayar pajak.

Sumber: