Bapas Jember Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan Semarak Baju Adat

Bapas Jember Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan Semarak Baju Adat

Kepala Bapas Jember, Basuki Raharjo, Jadi Inspektur Upacara--

JEMBER, MEMORANDUM - Balai Pemasyarakatan Kelas II Jember Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan penuh semarak. Upacara yang berlangsung di halaman Bapas Jember ini diikuti oleh seluruh jajaran Petugas Bapas Jember dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepala Bapas Jember, Basuki Raharjo, dalam amanatnya menyampaikan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Beliau menekankan pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa di tengah keragaman suku, agama, budaya, dan bahasa.

"Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”," tegas Basuki. Sabtu 1 Juni 2024.

BACA JUGA:Peringati Lahir Pancasila, FPPIP Gelar Malam Refleksi 

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan untuk menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat. Semaraknya pakaian adat dari berbagai daerah yang dikenakan oleh para peserta upacara semakin memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara jajaran Bapas Jember.

Upacara ini tidak hanya menjadi momen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, tetapi juga untuk meneguhkan kembali komitmen Bapas Jember dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diwarnai dengan penggunaan pakaian adat ini menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keragaman. Pancasila sebagai dasar negara harus terus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat. (edy)

Sumber: