Kantah ATR/BPN Tulungagung Gelar Upacara Hari Lahirnya Pancasila

Kantah ATR/BPN Tulungagung Gelar Upacara Hari Lahirnya Pancasila

Upacara Hari Lahir Pancasila di Kantah ATR/BPN Tulungagung.--

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Hari Lahir Pancasila yang tahun ini jatuh pada Sabtu tanggal 01 Juni 2024 diperingati oleh seluruh pejabat di Kantor Pertanahan ATR/BPN Tulungagung dengan menggelar upacara.

Bertempat di halaman kantor Pertanahan ATR/BPN Tulungagung, bertindak sebagai pembina upacara yaitu Kepala Kantah ATR/BPN Tulungagung, Ferri Saragih. 

Dalam kesempatan itu, Ferri Saragih membacakan pidato Hari Lahir Pancasila 2024 yang diterbitkan resmi oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Pada hari ini, tanggal 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK)," ujarnya. 

BACA JUGA:Peringati Hari Lahir Pancasila, BKN PDI Perjuangan Tulungagung Gelar Seni Budaya

Tema dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 adalah Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

"Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk. Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika," lanjutnya. 

BACA JUGA:Kementerian ATR/Kepala BPN Kembali Selamatkan Rp 480 Miliar Aset Negara

Ferri mengajak seluruh peserta upacara  untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebab Pancasila terbukti mampu mempersatukan masyarakat dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah. Sehingga, sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. 

Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila diyakini sebagai bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia," jelasnya. 

BACA JUGA:Kementerian ATR/BPN Gelar Pembinaan dan Monev Pengadaan Tanah di Kantor Pertanahan Kab/Kota se-Jawa Timur

Ferri menuturkan, perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. 

Sumber: