Rapat Paripurna DPRD Kota Batu, Pj Wali Kota Aries Agung Harap Penguatan Sinergi

Rapat Paripurna DPRD Kota Batu, Pj Wali Kota Aries Agung Harap Penguatan Sinergi

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai. --

BATU, MEMORANDUM - Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan terima kasih atas dukungan semua jajaran legislatif dan eksekutif sehingga Pemkot Batu meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Daerah oleh BPK RI sebanyak 9 kali berturut-turut sejak tahun 2015.

Itu disampaikan dalam Rapat Paripurna Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah Kota Batu tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu Tahun Anggaran 2023, di Gedung DPRD Kota Batu, Jumat 31 Mei 2024.

Pj Wali Kota Batu Agung Aries Paewai mengharapkan capaian tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan melalui kerja bersama antara eksekutif dan legislatif di tahun-tahun berikutnya.

“Atas capaian ini, saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua jajaran legislatif dan eksekutif, atas upaya dan kerja keras bersama yang dilakukan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan keuangan daerah ke arah yang lebih baik,” kata Pj Wali Kota Aries dihadapan rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Batu Asmadi.

BACA JUGA:Mendorong Investasi dan Pengembangan Wisata, Pj Wali Kota Batu Buka Event Batu Bisnis Festival 2024

Pj Aries menambahkan capaian opini WTP sangat penting diraih oleh Pemerintahan Daerah, dalam rangka meningkatkan akuntablitas pengelolaan keuangan daerah, sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Batu.

“Capaian opini WTP sangat penting untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kota Batu,” terangnya.

Menurutnya, capaian kinerja di tahun 2023, antara lain meningkatkan Pendapatan Asli Daerah sebesar 9,33 persen atau Rp 18,9 miliar dibanding tahun 2022. Demikian pula dengan realisasi belanja daerah mencapai 85,23 persen atau sebesar Rp 1,1 triliun.

BACA JUGA:Hadiri TPO Regional Meeting 2024 Malaysia, Pj Wali Kota Aries Promosikan Potensi Pariwisata Kota Batu

Selain itu, penggunaan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) Kota Batu tahun 2023 untuk hibah Pilkada ke KPU dan Bawaslu, perbaikan gedung SDN Gunungsari 4, pembangunan plengsengan Pager Gunung, Kungkuk, Claket Jantur, dan Jurang Susuh. 

BTT juga dipergunakan untuk pembangunan drainase di Desa Tlekung, Oro-oro Ombo dan Mojorejo, pembangunan jalur penyelamatan Klemuk dan juga penanganan sampah di TPA Tlekung.

DIharapkan, dukungan semua pihak untuk menjadi semangat dan motivasi agar terus berupaya meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dalam  rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Batu menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD dan jajaran Forkopimda serta segenap pemuka agama, tokoh masyarakat dan seluruh kelompok masyarakat yang telah memberikan dukungan dan partisipasinya dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kota Wisata Batu,” katanya.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Kunjungi Keluarga Korban Dugaan Perundungan

Sumber: