Tekan Inflasi, Pemkot Batu Kembali Gelar Gerakan Tanam Cabai

Tekan Inflasi, Pemkot Batu Kembali Gelar Gerakan Tanam Cabai

Gerakan menanam cabai di Pondok Labu, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.-Biro Malang Raya-

BATU, MEMORANDUM - Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, Forkopimda Kota Batu, beserta jajaran OPD Pemerintah Kota Batu, melaksanakan gerakan tanam cabai bersama di Pondok Labu Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jumat 31 Mei 2024.

BACA JUGA:Inilah 5 Tujuan Utama yang Harus Dikunjungi saat Berada di Surabaya Pusat

Acara ini merupakan bagian dari upaya pengendalian inflasi daerah, dalam laporan panitia yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu Heru Yulianto Sp MM.

BACA JUGA:Inilah 5 Destinasi Menarik Surabaya Timur yang Wajib Dikunjungi

Kegiatan ini juga melibatkan Tim TPID, Bank Jatim, Gapoktan se-Kota Batu, serta kelompok wanita tani (KWT), yang menanam 20.000 bibit cabai dan tersebar di tiga kecamaran. Diperkirakan nantinya hasil panen dari cabai yang ditanam mencapai 1.800 kilogram dalam 30-90 hari ke depan.

BACA JUGA:14 Kota Lengkap di Indonesia Dideklarasikan

Dalam kesempatan ini, Pj Aries bersama dengan Kajari Batu secara simbolis menyerahkan bibit pohon cabai kepada petani untuk ditanam di lokasi yang telah ditentukan.

BACA JUGA:Sambut Peringatan Hari Jadi Kota Madiun Ke-106, Pemkot Mulai Sibuk

"Semoga gerakan ini menjadi ikhtiar bersama, dan Kota Batu tetap aman dari inflasi. Masyarakat harus terus bergerak bersama untuk mengatasi inflasi dengan menanam komoditas lain seperti bawang, telur, dan ayam secara bersama-sama," katanya. 

BACA JUGA:P21, Tersangka Penganiaya Anak Selebgram di Kota Malang Dilimpahkan Kejaksaan

Menurutnya, bahwa cabai menjadi komoditas yang paling menonjol saat inflasi. Dengan mencukupi kebutuhan masyarakat dengan stok yang aman, maka bisa menekan kenaikan di daerah.

"Cabai menjadi komoditas yang sangat krusial saat inflasi, karena jika kita tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar, harga cabai akan melonjak. Dengan adanya stok yang mencukupi, kita dapat menekan inflasi. Bahkan, kita bisa mensubsidi daerah lain saat kebutuhan cabai tinggi, terutama saat liburan," terang Pj Aries.

BACA JUGA:Dinsos Lamongan Salurkan Bansos Rp 3 Juta di Dua Kecamatan

Selain itu, dalam waktu dekat Pemerintah Kota Batu juga membagikan pupuk ada para petani, untuk meningkatkan kesejahteraan mereka sekaligus menstabilkan harga di pasaran.

Sumber: