Implementasikan Kurikulum Merdeka, Lamongan Komitmen Ciptakan Generasi Berkualitas

Implementasikan Kurikulum Merdeka, Lamongan Komitmen Ciptakan Generasi Berkualitas

Pameran pendidikan yang digelar selama tiga hari di Sport Center Lamongan.--

LAMONGAN, MEMORANDUM - Pemerintah Kabupaten Lamongan masif mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar diberbagai bidang dengan berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan, untuk menciptakan generasi cerdas, kreatif dan berkualitas.

Salah satunya melalui pameran pendidikan yang digelar selama tiga hari di Sport Center Lamongan. Dikatakan Sekertaris Daerah Kabupaten Lamongan Moh. Nalikan, pameran pendidikan menjadi ajang inovasi dan kreativitas para pelajar dan guru dalam merdeka belajar. 

“Pameran pendidikan tidak hanya mengasah dan mengasuh kita semua, adanya merdeka belajar kurikulum merdeka, ini membuat kita untuk senantiasa berinovasi utamanya di jajaran dinas pendidikan,” kata Nalikan saat membuka Pameran Pendidikan, Senin 27 Mei 2024. 

BACA JUGA:Peringati IGTKI-PGRI di Lamongan, Kuatkan Karakter Anak Melalui Merdeka Belajar

BACA JUGA:Hardiknas di Lamongan, Bergerak Bersama Wujudkan Merdeka Belajar

BACA JUGA:28 CGP Panen Hasil Belajar di Lamongan, Jawab Tantangan Merdeka Belajar

Pasalnya pameran yang tidak pernah absen setiap tahunnya ini menampilkan berbagi hasil inovasi dan kreativitas pelajar Lamongan mulai dari kesenian, olahan produk, hingga hasil belajar dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi.

Mengusung tema bergerak bersama dengan kurikulum merdeka melahirkan SDM Lamongan yang berdaya saing dan berkelanjutan, pameran pendidikan diikuti sebanyak 98 stand mulai dari Paud, SD, SMP, SMA, Kemenag, perguruan tinggi di Lamongan, hingga perusahaan dan organisasi.

Pemantapan kurikulum merdeka, kata Nalikan juga diwujudkan melalui lokakarya guru penggerak dan guru pengimbasan yang setiap tahun mengalami tren peningkatan. “Ini memberikan gambaran bagaimana kedepan anak-anak tidak hanya pandai dalam teori tetapi juga pandai berinovasi di dunia nyata,” tambahnya. 

Selain itu, semarak pameran pendidikan tidak hanya mampu menggelorakan pendidikan anak-anak, namun juga mampu menumbuhkan perekonomian UMKM dengan keikut sertaan dalam event. 

“Upaya ini juga mendorong menggerakan ekonomi UMKM, gerakan ayo ditumbasi, ayo beli produk Lamongan terus bergerak memberikan ruang yang cukup untuk UMKM yang ikut serta dalam pameran." tutupnya

BACA JUGA:Peringatan Hari Pendidikan, Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar

BACA JUGA:Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Lancar Digelar

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Munif Syarif mengungkapkan, pameran pendidikan dibuka setiap pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB dengan menampilkan berbagai competisi dan kreasi mulai dari lomba essay, lomba tarian daerah, lomba cerdas cermat, lomba mewarnai, lomba business plan competition hingga education and job fair. 

Sumber: