Tahu Tek, Makanan Khas Surabaya yang Murah dan Cocok Untuk Kamu Pecinta Bumbu Kacang

Tahu Tek, Makanan Khas Surabaya yang Murah dan Cocok Untuk Kamu Pecinta Bumbu Kacang

--

MEMORANDUM - Surabaya sangat terkenal dengan kulinernya yang unik dan beragam. Salah satu kuliner khas Surabaya yang murah dan memiliki nama unik adalah tahu tek

Makanan ini dinamakan tahu tek, karena dulunya para penjual menggunakan gerobak dan memukul sesuatu untuk menarik pelanggan ketika berkeliling. Nah, pukulan tersebut menimbulkan bunyi seperti tek, tek, tek sehingga dinamai tahu tek. 

Bahan bakunya sendiri sangat mudah, seperti lontong sebagai sumber karbohidrat, kemudian beberapa protein seperti tahu goreng, kemudian juga terdapat taug, timun yang dicampur dengan bumbu kacang. Terkadang juga disediakan telur dadar

BACA JUGA:Intip Fakta Menarik Tentang Makanan Khas Surabaya, Pecel Semanggi

Kuliner ini memiliki harga yang sangat murah, karena memang makanan ini dijual di pinggir jalan atau penjualnya terkadang berkeliling di sekitar rumah warga. Kuliner ini salah satu kuliner yang otentik dan sudah cukup lama ada. Bahkan sudah dijual di beberapa kota selain Surabaya. 

Untuk bumbunya sendiri, selain terdapat kacang, juga terdapat petis, saus yang khas di provinsi Jawa Timur. Kemudian terdapat campuran cabai serta bawang putih. Sehingga memiliki cita rasa yang unik dan tentunya tetap balance dicampur dengan bahan lainnya. 

BACA JUGA:Jejak Kuliner Surabaya, Mengungkap Cerita dan Keunikan Makanan Khas Kota Pahlawan

Untuk kamu yang tidak terdapat penjual Tahu Tek, melihat bahan-bahannya yang mudah, kamu dapat membuat sendiri di rumah dan mengikuti beberapa tutorial yang ada di internet.

Pembuatannya cukup mudah, hanya dengan memotong kecil-kecil bahan seperti lontong, tahu dan kentang, kemudian mencapurlakn beberapa bahan untuk bumbunya dengan cara diuleg

Meskipun memiliki rasa yang berbeda karena dari tangan yang berbeda, setidaknya kamu sudah mencobanya sekali untuk mengetahui cita rasa dari tahu tek. ( mg6)

Sumber: