Haul Ke- 417, Momentum Meneladani Jiwa Kepemimpinan Ranggahadi Bupati Lamongan Periode 1569-1607

Haul Ke- 417, Momentum Meneladani Jiwa Kepemimpinan Ranggahadi Bupati Lamongan Periode 1569-1607

Haul Mbah Lamong atau Ranggahadi (Bupati Lamongan Periode 1569-1607) ke- 417 di kelurahan Tumenggungan, Lamongan, Jawa Timur.-Biro Lamongan-

LAMONGAN, MEMORANDUM - Pelaksanaan haul Mbah Lamongan atau Ranggahadi (Bupati Lamongan Periode 1569-1607) ke- 417 dijadikan momentum oleh masyarakat untuk meneladani jiwa kepemimpinan pionir kejayaan Lamongan yang pertama.

"Alhamdulillah haul Mbah Lamongan masih rutin digelar setiap tahunnya melalui kegiatan pengajian. Momen ini mari kita jadikan panutan terkait jiwa kepemimpinan yang dimiliki pionir kebanggaan kita," tutur Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf saat menghadiri haul Mbah Lamongan di Kelurahan Tumenggungan, Sabtu malam.

Menurut Pak Bro sapaan orang nomor dua di Kota Soto ini, digelarnya kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penghormatan atas jasa pahlawan di masa lampau. Selain itu juga bentuk partisipasi menyatukan generasi muda dan generasi sebelumnya dalam mengenal sosok pionir pertama yang membawa kejayaan Lamongan hingga 455 tahun ini.

"Terimakasih sudah rutin melaksanakan kegiatan ini. Ini merupakan kegiatan yang menyatukan generasi muda dengan generasi sebelumnya, terutama dalam mengenal dan menghormati sejarah masa lampau," kata Pak Bro. Minggu 29 Mei 2024.

BACA JUGA:Push Bike Megilan Race di Lamongan Diikuti 594 Anak

Sesuai dengan harapan dari masyarakat sekitar yang disampaikan oleh Ketua Panitia Kacung Santoso, Pemerintah Kabupaten Lamongan akan mengusulkan pembangunan pendopo di sekitar makam Mbah Lamong. 

"Insyaallah harapan masyarakat akan kami sampaikan, karena memang disini pusat kejayaan Lamongan pertama kali. Tentu terdapat banyak sekali sejarah yang dapat dikaji," pungkas Pak Bro, (*)

Sumber: