Imigrasi Malang Turut Sukseskan Pemberangkatan CJH Kota Malang Tahun 2024

Imigrasi Malang Turut Sukseskan  Pemberangkatan CJH Kota Malang Tahun 2024

Kepala Kantor Imigrasi Malang Galih Priya Kartika Perdhana (kanan) turut melepas pemberangkatan CJH Kota Malang. -Sujatmiko-

MALANG, MEMORANDUM - Kantor Kementerian Agama Kota Malang, mengadakan upacara pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) Kota Malang tahun 2024 M/1445 H, yang dilaksanakan Kamis, 16 Mei 2024, bertempat di Lapangan Rampal, Kota Malang.

BACA JUGA:Kapolres AKBP Adhitya Panji Anom Hadiri Pembukaan Job Fair 2024 Kabupaten Gresik 

Acara ini dihadiri berbagai instansi terkait dan tokoh penting, termasuk Polresta Malang Kota, Kodim 0833 Kota Malang, Pj Wali Kota Malang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Wakil Ketua PC NU, dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang yang dihadiri Kakanim Galih Priya Kartika Perdhana.

BACA JUGA:Pasca Menang Lawan Newcastle, Bruno Fernandes: Saya akan Bertahan jika Manchester United Menginginkan 

Kegiatan ini berlangsung dengan khidmat dan penuh rasa syukur. Di mana seluruh pihak terkait memberikan doa dan harapan terbaik bagi para CJH yang akan menunaikan ibadah di tanah suci.

BACA JUGA:Kunjungan Kakanim Malang ke Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad: Perkuat Silaturahmi dan Sinergi Antarinstansi 

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Achmad Shampton, menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersamaan selama menjalankan ibadah haji. Beliau juga mengingatkan para jemaah untuk selalu mematuhi aturan dan petunjuk dari para pembimbing haji demi kelancaran ibadah.

BACA JUGA:Safari Ramadan Perdana di Kanim Malang, Kakanwil Harap Peningkatan Kualitas Diri Pegawai 

Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM dalam pidatonya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemberangkatan haji ini.

BACA JUGA:Kakanim Malang: Dukung Harmonisasi Pemerintah dan Media Massa 

"Kami berharap para jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan kembali ke tanah air dengan predikat haji yang mabrur," ujar Wahyu.

BACA JUGA:Kanim Malang Layani Eazy Intal untuk Pelajar Asing di UB 

Lanjut Wahyu, begitupun dukungan dari Polresta Malang Kota dan Kodim 0833 Kota Malang juga sangat signifikan dalam menjaga keamanan dan kelancaran acara. 

BACA JUGA:Momen Nataru, Pengguna Pelayanan Paspor di Kanim Malang Meningkat 

Sementara itu, Kakanim Malang Galih Priya Kartika Perdhana menyampaikan, bahwa Imigrasi memiliki peran penting dalam hal pelayanan keimigrasian.

BACA JUGA:Kakanim Malang Ajak Jajaran Pertahankan Raihan Prestasi 2022 

Dari tahun ke tahun, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang selalu membuat tim khusus pelayanan paspor bagi CJH. Tim tersebut akan memberikan pelayanan keimigrasian kepada para CJH melalui inovasi jemput bola.

 BACA JUGA:Evaluasi Target Kinerja 2022, Kanim Malang Rembuk Bersama

"Tentunya hal ini sangat memudahkan para CJH karena petugas imigrasi yang mendatangi jemaah untuk proses pengambilan biometriknya," ujar Galih.

BACA JUGA:Praktisi Hukum Angkat Bicara soal Korupsi yang Melibatkan Gus Muhdlor 

Selain itu, Galih Priya Kartika Perdhana juga menyampaikan arahan yang disampaikan oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur bahwa di tahun ini, Direktorat Jenderal Imigrasi memastikan pelaksanaan Makkah Route untuk pemberangkatan CJH berlangsung lancar.

Di mana pada tahun 2024, sebanyak 114.186 CJH dari bandara keberangkatan Soekarno Hatta-Jakarta, Adi Soemarmo-Solo dan Juanda-Surabaya memperoleh kemudahan fasilitas pemeriksaan keimigrasian pra kedatangan dari otoritas imigrasi Kerajaan Arab Saudi melalui skema Makkah Route.

Hal ini merupakan wujud nyata kerja sama yang sangat baik antara otoritas Imigrasi Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi. 

BACA JUGA:Polda Jatim Gelar Pembekalan dan Pelatihan Keterampilan Pegawai Negeri pada Polri di Jember 

Upacara ini menjadi momentum penting bagi para CJH Kota Malang untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental sebelum berangkat menuju tanah suci.

"Semoga seluruh jemaah dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan kembali dengan selamat serta membawa berkah bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya," pungkas Kakanim Galih. (*)

Sumber: