Terapkan 5 Pilar Kebudiutamaan, UIBU Terbanyak Terima Mahasiswa PMM

Terapkan 5 Pilar Kebudiutamaan, UIBU Terbanyak Terima Mahasiswa PMM

Salah satu kegiatan PMM di kampus Universitas IBU-Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Ratusan mahasiswa dari 93 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia mengikuti kegiatan wajib kurikuler Pertukaran mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan ke 4 tahun 2024, di kampus Universitas Insan Budi Utomo, Rabu malam 16 Mei 2024.

Para mahasiswa menggunakan busana adat daerah masing-masing. Selanjutnya melakukan serangkaian kesenian Festival Budaya Nusantara dari berbagai daerah. Dilengkapi dengan konser musik Heppie dari artis Nasional.

"Bagian  kegiatan PMM, dilangsungkan Festival Budaya Nusantara. mahasiswa perlu mengetahui dan menghayati budaya di Indonesia, sangat banyak bervariasi. Tidak cukup hanya tau salah benar, baik buruk, tapi perlu
diasah rasa kemampuan etika dan Faham estetika," terang Rektor UIBU, Dr Nurcholish Sunuyeko ditemui disela sela acara Rabu malam 15 Mei 2024.

Ia menambahkan, program PMM di UIBU, sangat diminati para mahasiswa. Secara Nasional jumlah mahasiswa PMM berada pada posisi 3 terbanyak. Sedang untuk di Jawa Timur yang terdiri dari 380 perguruan tinggi, menempati posisi pertama.

BACA JUGA:Universitas IBU Kembangkan Riset Berbasis Potensi

"Jika di tahun lalu, ada 402 mahasiswa PMM, tahun ini naik menjadi 475 mahasiswa. Semoga selanjutnya, kuotanya terus dinaikan," lanjutnya.

Menurutnya, di kampus UIBU kurikulumnya menawarkan nilai plus. Tidak saja menguasai sesuai kompetensinya, namun juga memberikan nilai tambah pada 5 pilar nilai Ke-Budi Utama-an. Mulai dari Keindonesiaan, Kemanfaatan Kepedulian, Kepatuhan dan Kepatutan

Salah satu mahasiswa PMM, Nur Azizah (20) dari Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin menerangkan, PMM di UIBU sangat menarik. Mulai akreditasi modul Nusantaranya serta beragam metode perkuliahannya.

"Mata kuliah cukup banyak. Lebih kepada implementasi. Menawarkan banyak mata kuliah. Sebagai calon guru, banyak pembelajaran praktek dan diskusi, sudah tepat. Karena itu, saya pilih di sini," kata mahasiswa jurusan pendidikan Matematika ini. (edr)

Sumber: