Pilwali Surabaya Tetap Menarik Meski Tanpa Paslon Independen

Pilwali Surabaya Tetap Menarik Meski Tanpa Paslon Independen

Surokim Abdussalam.-alif bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Dipastikan tidak ada pasangan calon (paslon) jalur independen yang bertarung dalam Pilwali Surabaya 2024. Meski demikian, pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam berpendapat bahwa pertarungan dengan paslon usulan parpol masih akan tetap menarik kendati tidak seseru atau seheboh jika ada paslon independen.

BACA JUGA:Kantah ATR/BPN Tulungagung Hadiri Musyawarah Ganti Rugi Pengadaan Tanah Pembangunan Tol Kediri-Tulungagung

“Calon independen jadi utopia, hanya sekadar menjadi hiasan di kertas kebijakan yang sulit direalisasikan. Namun demikian pertarungan dengan paslon usulan parpol masih akan tetap menarik kendati tidak seseru atau seheboh jika ada paslon independen,” kata Surokim dihubungi, Selasa, 14 Mei 2024.

BACA JUGA:Tak Kantongi Minimal Dukungan Pemilih, Dua Paslon Independen Gagal Melenggang Pilwali Surabaya

Menurut telaahnya, sekarang ini semakin sulit mendorong paslon untuk mendaftar independen. Hal ini lantaran beratnya persyaratan yang harus dipenuhi. Ditambah lagi calon alternatif tidak ada yang istimewa dan tidak ada yang percaya diri untuk maju Pilwali Surabaya.

BACA JUGA:Diduga Selewengkan Dana Desa Rp 305 Juta, Mantan Kades Kalisemut Ditahan Kejari Lumajang

“Sejauh ini memang berat bisa ikut pilkada level kota sebesar Surabaya dengan jumlah pemilih tetap yang terus meningkat. Memang berat dan butuh persiapan khusus. Butuh supertim yang serius dan calon yang sudah punya reputasi dan popularitas yang kuat.”

BACA JUGA:Targetkan Raih WBBM, Kanim Kotamobagu Studi Tiru ke Kanim Tanjung Perak

“Karena tidak ada calon alternatif yang lebih meyakinkan daripada calon dari parpol, maka otomatis kepercayaan publik terhadap calon independen juga menurun dan calon dari parpol kian leluasa berkibar,” kata Surokim.

BACA JUGA:Dapat Rp 200 Ribu, Terdakwa Curanmor Dituntut 2 Tahun Penjara

Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) ini menerangkan, tidak akan mudah untuk bisa mengumpulkan KTP dan tandatangan sejumlah yang disyaratkan dalam tempo singkat tanpa persiapan serius dengan tim yang serius.

BACA JUGA:Motor Senggolan, Pemuda Balongsari Ancam Korban dengan Badik

“Ya sudah lah memang kehendak zaman begitu. Calon independen hanya akan menjadi hiasan demokrasi elektoral an sich,” tandasnya.

BACA JUGA:Hadiri TPO Regional Meeting 2024 Malaysia, Pj Wali Kota Aries Promosikan Potensi Pariwisata Kota Batu

Sumber: