Bertemu Wali Kota Probolinggo, Imigrasi Malang Bahas Peningkatan Sarana dan Prasarana Layanan Keimigrasian
Bertemu Wali Kota Probolinggo, Imigrasi Malang Bahas Peningkatan Sarana dan Prasarana Layanan Keimigrasian--
PROBOLINGGO, MEMORANDUM.CO.ID – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian di wilayah Kota Probolinggo, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Anggoro Widjanarko, bersama jajaran melaksanakan audiensi dengan Wali Kota Probolinggo, dr. Aminuddin, pada Rabu 21 Mei 2025 di ruang kerja Wali Kota.
Pertemuan ini membahas rencana peningkatan sarana dan prasarana pendukung layanan keimigrasian yang saat ini diselenggarakan melalui Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Probolinggo.
BACA JUGA:Kantor Imigrasi Malang Canangkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi

Mini Kidi--
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Anggoro Widjanarko, menyampaikan bahwa sejak dibentuk pada tahun 2019, UKK Probolinggo telah memberikan kemudahan akses layanan keimigrasian bagi masyarakat, seperti permohonan paspor dan dokumen keimigrasian lainnya.
Seiring meningkatnya kebutuhan dan tingginya animo masyarakat, Kantor Imigrasi Malang berkomitmen untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang lebih layak, modern, dan representatif.
“Pelayanan keimigrasian yang prima memerlukan dukungan infrastruktur yang memadai. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana agar pelayanan bisa lebih nyaman, cepat, dan efisien bagi masyarakat,” ujar Anggoro.
Ia menambahkan, beberapa aspek sarana dan prasarana yang menjadi fokus peningkatan antara lain penyediaan ruang pelayanan yang lebih luas dan tertata, area tunggu yang representatif dan nyaman, ruang laktasi, ruang menyusui, toilet yang bersih dan memadai, serta penataan jalur antrean yang lebih terstruktur.
Selain itu, dukungan teknologi informasi seperti sistem antrean elektronik, display informasi digital, dan konektivitas jaringan yang stabil juga turut menjadi bagian dari upaya modernisasi fasilitas pelayanan.
BACA JUGA:Operasi JAGRATARA Tahap III, Imigrasi Malang Pengawasan Orang Asing di Kabupaten Pasuruan
Peningkatan ini sejalan dengan semangat transformasi digital yang tengah dijalankan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi untuk menghadirkan layanan publik yang adaptif, efisien, dan berorientasi pada kenyamanan pengguna.
“Kami ingin agar masyarakat Kota Probolinggo mendapatkan pengalaman pelayanan yang benar-benar nyaman, baik secara fisik maupun suasana. Kenyamanan ruang layanan menjadi prioritas utama, mulai dari penataan ruang yang bersih dan rapi, sirkulasi udara yang baik, hingga tersedianya fasilitas pendukung seperti ruang tunggu yang layak dan ruang laktasi. Selain itu, kami juga terus berupaya mempercepat alur pelayanan agar proses yang dijalani masyarakat berlangsung efisien tanpa mengurangi kualitas. Prinsipnya, masyarakat harus merasa dihargai dan dilayani dengan sebaik mungkin,” imbuh Anggoro.
BACA JUGA:Kantor Imigrasi Malang Gelar Sosialisasi Pencegahan TPPO di Kabupaten Malang
Sumber:



