umrah expo

DPRD Kabupaten Pasuruan Soroti Kualitas Layanan PDAM, Minta Optimalisasi Potensi Air Melimpah

DPRD Kabupaten Pasuruan Soroti Kualitas Layanan PDAM, Minta Optimalisasi Potensi Air Melimpah

Agus Yulianto, Wakil ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan.--

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan, Agus Yulianto, melayangkan kritik tajam terhadap kualitas layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pasuruan. Menurut Agus, potensi sumber daya Air yang sangat melimpah di Kabupaten Pasuruan belum dikelola secara maksimal untuk kepentingan pelayanan publik.

Agus Yulianto, saat ditemui di kantornya, pada Jum'at 20 Juni 2025, mengungkapkan bahwa wilayah Kabupaten Pasuruan diberkahi dengan kekayaan sumber air yang luar biasa, bahkan menarik beberapa perusahaan air besar untuk beroperasi di sana. 

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Pasuruan Dukung Program Sekolah Rakyat


Mini Kidi--

"Potensi air kita luar biasa, dan itu harus dikelola secara maksimal. Tujuannya agar masyarakat bisa mendapatkan layanan air bersih yang layak," tegas Agus.

Meskipun PDAM Pasuruan menunjukkan peningkatan dari sisi pendapatan, Agus menilai bahwa hasil tersebut belum seimbang jika dibandingkan dengan potensi air yang tersedia. 

"Pendapatan PDAM memang sudah naik, tapi sayangnya pengelolaan potensi air masih kecil. Harus ada perbaikan agar hasil dan layanan bisa lebih optimal," tambahnya.

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Pasuruan Gelar Sertijab Bupati Terpilih

Sorotan Agus juga didasari oleh banyaknya keluhan dari masyarakat terkait pelayanan air bersih, khususnya di daerah Prigen dan Pandaan. Ia menyebutkan bahwa tingkat pengaduan pelanggan di kedua wilayah tersebut masih cukup tinggi. 

"Hari ini kami menerima aduan dari masyarakat di Prigen dan Pandaan. Keluhan utamanya soal aliran air yang tidak lancar dan jadwal distribusi yang tidak pasti," jelasnya.

Menyikapi hal ini, Agus Yulianto mendorong PDAM untuk segera berbenah dan meningkatkan kualitas layanan di semua sektor. Hal ini krusial untuk menjaga kepercayaan masyarakat sebagai pelanggan setia. 

BACA JUGA:Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan Desak Perbaikan Infrastruktur Akibat Banjir

"Kami minta PDAM merespons keluhan dengan cepat dan melakukan evaluasi menyeluruh. Layanan air bersih adalah hak dasar warga, tidak boleh dianggap remeh," tegas Agus.

Agus berharap ke depan PDAM Kabupaten Pasuruan dapat menjadi contoh perusahaan daerah yang profesional dan responsif. 

Sumber:

Berita Terkait