Inilah Pilihan 10 Buah yang Mengandung Kalium

Kamis 08-02-2024,06:00 WIB
Reporter : Muhammad Ridho
Editor : Muhammad Ridho

Buah yang sering dijadikan campuran dalam es teler ini juga tinggi akan kalium. Dalam 100 gram atau sekitar 6 potong nangka terkandung sekitar 450 mg kalium. Meski rasanya manis, buah nangka dicerna lebih lambat di dalam tubuh dibandingkan buah-buahan lain, sehingga tidak cepat menaikkan kadar gula darah.

Nah, agar manfaatnya lebih optimal, sebaiknya kamu mengonsumsi buah nangka secara langsung atau diolah tanpa pemanis tambahan, ya.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Makanan Bergizi yang Efektif untuk Mencegah Stunting pada Anak

5. Durian

Di balik aromanya yang tajam, durian merupakan buah yang mengandung kalium. Kandungan kalium dalam 100 gram durian atau sekitar 3–4 potong durian ukuran sedang bisa mencapai 440 mg. Cukup tinggi, kan?

Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi durian, terutama bagi ibu hamil, penderita diabetes, atau obesitas. Soalnya, buah ini tinggi akan gula dan kalori. Konsumsilah secukupnya saja dan jangan terlalu sering, ya. Kamu bisa mengolah durian menjadi jus, es krim tanpa gula tambahan, atau puding.

6. Jambu biji

Kamu juga bisa memperoleh manfaat kalium dengan mengonsumsi buah jambu biji. Soalnya, dalam 1 buah atau sekitar 100 gram jambu biji terkandung sekitar 420 mg kalium, yang mana jumlah ini setara dengan kalium dalam sebuah pisang.

Jambu biji juga rendah kalori, tapi kaya akan vitamin C sehingga cocok dijadikan sebagai camilan diet. Mungkin, beberapa orang tidak menyukai buah ini karena bijinya cukup banyak dan keras. Namun, kamu bisa kok mengolahnya menjadi jus dan menyaringnya sebelum dikonsumsi agar bebas dari biji.

Pastikan untuk tidak menambahkan gula atau susu kental manis pada jus buatanmu, ya.

BACA JUGA:5 Makanan yang Dapat Membantu Mencegah Sembelit

7. Jambu air

Sama seperti jambu biji, jambu air juga termasuk buah yang mengandung kalium. Dalam 100 gramnya, buah dengan tekstur renyah dan kaya air ini mengandung sekitar 320 mg kalium. Jambu air juga kaya akan serat yang bisa mencegah sembelit dan perut kembung.

Kalau bosan mengolahnya menjadi rujak buah, kamu bisa mengkreasikan jambu air menjadi manisan, asinan, atau salad buah.

8. Sirsak

Minum segelas jus sirsak di tengah cuaca terik memang menyegarkan. Nah, nggak cuma segar, sirsak juga merupakan buah yang mengandung kalium. Dalam 100 gram daging buah sirsak mengandung sekitar 280–300 mg kalium.

Kategori :