Inilah Pilihan 10 Buah yang Mengandung Kalium

Kamis 08-02-2024,06:00 WIB
Reporter : Muhammad Ridho
Editor : Muhammad Ridho

SURABAYA, MEMORANDUM - Kalium merupakan mineral yang berfungsi sebagai elektrolit di dalam tubuh. Mineral ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko terjadinya batu ginjal, serta mengendalikan kadar gula darah. Selain itu, kalium juga dibutuhkan tubuh untuk mengoptimalkan fungsi jantung, otot, saraf, dan ginjal.

Sebaliknya, jika tubuh kekurangan kalium, berbagai gangguan kesehatan bisa menyerang, seperti otot melemah, kram, dan kebingungan. Makanya, orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi sekitar 4.700 mg kalium per hari. Asupan kalium bisa diperoleh diperoleh dari makanan, termasuk buah yang mengandung kalium.

BACA JUGA:Inilah 7 Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes, agar Gula Darah Terkontrol

Ragam Buah yang Mengandung Kalium

1. Pisang

Pisang memang populer sebagai buah yang mengandung kalium. Satu buah pisang ukurang sedang mengandung sekitar 420 mg kalium. Nah, dari sekian banyak jenis pisang, pisang raja termasuk jenis pisang dengan kandungan kalium yang tinggi.

Selain dikonsumsi langsung, kamu juga bisa mengolah pisang menjadi roti, kue bolu, atau pisang bakar. Usahakan untuk tidak mengolah pisang dengan cara digoreng agar tidak menambah lemak jenuh dan mengurangi nilai gizinya.

2. Alpukat

Kandungan kalium dalam setengah buah alpukat bisa mencapai 345 mg, lho. Buah ini juga rendah natrium, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita darah tinggi (hipertensi).

Kamu bisa mengonsumsi buah alpukat secara langsung atau diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti jus, salad, sup buah, atau sandwich. Namun, hindari mengolah alpukat dengan menambahkan banyak gula tambahan atau susu kental manis, ya.

BACA JUGA:Inilah 5 Makanan yang Kaya Asam Folat untuk Ibu Hamil

3. Tomat

Tidak hanya mengandung likopen dan berbagai nutrisi lainnya, tomat juga adalah salah satu buah yang tinggi kalium. Soalnya, satu buah tomat ukuran besar saja memiliki sekitar 400 mg kalium. Bahkan, kandungan kalium ini bisa mencapai 500 mg atau lebih jika diolah menjadi jus atau saus tomat segar.

Untuk mendapatkan manfaat kalium dari tomat, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi hidangan lezat, seperti saus pasta, sup telur tomat, atau ayam masak tomat. Namun, perlu diingat, selalu gunakan tomat segar agar terbebas dari asupan bahan pengawet dan gula atau garam tambahan.

4. Nangka

Kategori :