Bikin Penasaran, Ini 5 Fakta Menarik Celana Jeans Levis yang Terkenal Hingga Sekarang

Senin 09-10-2023,09:00 WIB
Reporter : mg-1
Editor : Aziz

MEMORANDUM - Celana jeans Levis menjadi salah satu jenis pakaian yang paling populer di dunia. Celana jeans ini dikenal dengan kualitas dan keawetannya yang tinggi. 

Namun, tahukah bagaimana asal usul celana jeans Levis?

Berikut fakta menarik jeans Levis yang jarang orang ketahui.

Fakta 1: Asal muasal bahan jeans

Bahan jeans sebenarnya berasal dari Genoa, Italia. Kain ini awalnya digunakan untuk membuat pakaian pelaut untuk melindungi barang-barang mereka dari cuaca buruk. Kata "jeans" sendiri berasal dari bahasa Prancis, "Genève", yang berarti Genoa.

Fakta 2: Versi KW jeans dibuat, bernama Denim

Popularitas jeans membuat para penenun di kota Nimes, Prancis, tertarik untuk mencoba mereproduksi kain yang persis dengan jeans buatan Genoa. Setelah melalui berbagai eksperimen, mereka sukses mengembangkan kain jenis lain yang dikenal sebagai denim. Kata denim sendiri berasal dari nama kota tempat kain itu dibuat, Nimes.

Fakta 3: Tokoh di balik perkembangan jeans

Tokoh yang dianggap sebagai orang yang berperan penting dalam sejarah perkembangan jeans di dunia adalah Levi Strauss dan Jacob Davis. Levi Strauss adalah seorang imigran dari Jerman yang menetap di Amerika Serikat. Jacob Davis adalah seorang penjahit yang sering membeli kain di toko grosir Levi Strauss & Co.

Pada tahun 1872, Jacob Davis mengajukan paten untuk idenya membuat pakaian yang diperkuat dengan paku keling. Ia kemudian mengajak Levi Strauss untuk bermitra. Levi Strauss setuju dan keduanya kemudian menerima hak paten untuk ide mereka pada 20 Mei 1873. Tanggal tersebut kini dianggap sebagai hari ulang tahun resmi dari blue jeans.

Fakta 4: Penambang emas identik dengan celana jeans

Pada tahun 1848-1875, ketika emas ditemukan di California, banyak penambang emas yang menggunakan celana jeans Levis sebagai pakaian kerja. Celana jeans ini terbukti sangat tahan lama dan nyaman digunakan dalam kondisi kerja yang berat.

Fakta 5: Levis menjadi merek internasional

Pada awal abad ke-20, Levis mulai memperluas pasarnya ke luar Amerika Serikat. Celana jeans Levis menjadi semakin populer di seluruh dunia dan menjadi salah satu merek pakaian paling terkenal di dunia.

Itulah fakta menarik tentang asal usul jeans Levis yang terkenal hingga sekarang. Bagaimana pendapatmu?(mg1)

Kategori :