Wajib Tahu! 5 Tips Untuk Menghilangkan Rasa Lelah Setelah Bekerja

Selasa 19-09-2023,03:07 WIB
Reporter : mg1
Editor : Aguss

Surabaya, memorandum - Kelelahan saat bekerja adalah hal yang wajar. Rasa lelah sebenarnya merupakan salah satu sinyal atau tanda tubuh kurang istirahat.

Kelelahan dapat disebabkan oleh aktivitas yang berlebih, asupan makanan yang kurang, dan jarang berolahraga.

Namun, kelelahan bisa juga disebabkan oleh tubuh yang kurang sehat, seperti anemia, gangguan hormon, dan tekanan darah rendah.

Berikut beberapa tips untuk menghilangkan rasa lelah setelah bekerja.

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Cukupi porsi makan setiap hari dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Makanlah dalam jumlah lebih sedikit namun dengan frekuensi lebih sering untuk menstabilkan kadar gula darah. Batasi konsumsi makanan berlemak yang mengandung lemak jahat.

Sebab, makanan tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Agar tidak kelaparan dan memengaruhi produktivitas kerja, bisa menyediakan camilan sehat saat di kantor, seperti buah-buahan.

2. Cukupi Kebutuhan Air

Cara menghilangkan lelah setelah bekerja lainnya dengan mengonsumsi air putih yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Air putih mampu menjaga kadar cairan di dalam tubuh, sehingga terhindar dari dehidrasi dan kelelahan akibat bekerja.

Umumnya, setiap orang dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Kebutuhan ini bisa saja berbeda, tergantung pada kondisi tubuh dan aktivitas fisik yang dilakukan.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik membantu untuk meningkatkan konsentrasi dan kualitas kerja. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap terhidrasi, seperti mengonsumsi jus buah atau buah yang mengandung banyak air.

3. Berhenti Mengonsumsi Kafein

Sebagian banyak orang menjadikan kafein sebagai pelarian atau bantuan saat mereka merasa lelah, padahal hal ini sangat keliru. Kafein memang akan membuat tubuh menjadi segar kembali, tapi ini hanya sesaat, bahkan tubuh akan merasa lebih lelah.

Jadi, saat merasa lelah coba hindari atau bahkan berhenti untuk mengkonsumsi kafein, hal ini dikarenakan kafein akan meningkatkan rasa lelah pada tubuh.

4. Rutin Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik bisa meningkatkan energi dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa memperbaiki efisiensi jantung, paru-paru, dan otot-otot tubuh.

Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat jika kamu belum terbiasa. Cukup lakukan olahraga ringan selama 15-30 menit secara rutin, seperti berjalan kaki.

5. Tidur Cukup

Cukupi kebutuhan tidur dengan beristirahat, setidaknya selama 7-8 jam setiap hari. Hindari penggunaan gawai ketika akan beristirahat. Penggunaan gawai dapat sebabkan candu yang membuat gangguan pola tidur dan mengurangi manfaat tidur yang dimiliki.

Jika memungkinkan, bisa melakukan power nap (tidur siang 20-30 menit) saat istirahat kantor. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi rasa kantuk dan lelah saat bekerja, sehingga bisa kembali produktif di siang hari hingga waktu pulang tiba.

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan saat merasa kelelahan setelah bekerja. Bagaimana pendapatmu? (mg1)

Kategori :