Cegah Bullying, Peran Orang Tua dan Guru Sangat Vital

Minggu 17-09-2023,18:07 WIB
Reporter : Rio
Editor : Aziz

Surabaya, Memorandum - Bullying sangat berbahaya dan terkadang berujung ke perkelahian anak. Bahkan, anak tidak tahu dan tidak menyadari apa yang dilakukan adalah bullying.

Kapolsek Karangpilang, Kompol Risky Fardian mengatakan, yang pertama kepolisian memberikan imbauan kepada sekolah-sekolah tentang bullying. Bullying yang dilakukan oleh teman-teman kepada temannya itu sangat berbahaya bagi mental. 

Yang kedua tidak semua bullying itu mendapatkan perlakuan yang baik dan terkadang berdampak terhadap psikis atau mungkin perkelahian antara anak.

Untuk itu, pihak kepolisian sebulan sekali melakukan imbauan ke sekolah-sekolah di wilayah Polsek Karangpilang. 

Dalam kegiatan sekolah yang ada peran orangtua, pihak kepolisian selalu mengingatkan orangtua pentingnya bahaya bullying kepada anak dan lingkungan pertemanan yang bisa berdampak terhadap mental psikis. "Bahkan, akibat bullying anak-anak bisa berujung pada perkelahian," jelas Risky.

Mantan Kapolsek Sawahan ini tidak kurang menyampaikan bahaya bullying terhadap pergaulan. Untuk itu orang tua harus punya peran aktif di sini untuk selalu mengingatkan anaknya agar tidak melakukan tindakan bullying terhadap temannya. 

"Terkadang bullying yang dilakukan tidak disadari oleh anak. Selain memberikan imbauan ke sekolah, apabila ada event sekolah juga kita beritahu kepada orang tuanya," ungkap Risky.(rio/ziz)

Tags : #bullying
Kategori :