Tidak Sepahit Rasanya, Pare Memiliki Khasiat Baik Untuk Tubuh.

Selasa 29-11-2022,12:39 WIB
Reporter : M Ridho
Editor : M Ridho

Surabaya, Memorandum.co.id - Rasa pare yang pahit membuat banyak orang mungkin tidak menyukainya. Namun, tahukah bahwa pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Pare yang merupakan salah satu jenis buah labu-labuan ini sering menjadi pelengkap saat menghidangkan siomai.

Pare diketahui kaya akan serat dan mengandung makronutrisi, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, pare juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan zat besi. Tidak hanya berbagai nutrisi di atas, pare juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, fenol, dan isoflavon.

Berikut manfaat pare untuk kesehatan tubuh.

Menghambat pertumbuhan sel kanker, kandungan antioksidan di dalam pare diyakini dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, seperti kanker lambung, kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

Menghambat penyebaran infeksi virus, pare dipercaya memiliki sifat antivirus yang dapat menghambat penyebaran infeksi virus di dalam tubuh.

Pare memiliki kandungan magnesium yang berfungsi untuk memaksimalkan kerja hormon insulin. Dikutip dari World Journal of Diabetes, kondisi diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan kekurangan magnesium dalam tubuh.

Kandungan pare mampu mencegah penyakit pernapasan umum, seperti batuk, flu, atau pilek. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, jus dari buah pare juga digunakan untuk mengobati kondisi pernapasan tertentu, seperti batuk kering, bronkitis, dan asma selama ratusan tahun. (Rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait