Tingkatkan Kompetensi,  Calon Pekerja Migran Dilatih

Senin 28-10-2019,13:20 WIB
Reporter : Syaifuddin
Editor : Syaifuddin

SURABAYA - Disnakertrans Jatim melangsungkan kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi bagi calon pekerja migran Indonesia (PMI) kerja sama Kementerian Ketenagakerjaan dan Tahir Foundation di UPT BLK Wonojati Malang selama dua bulan lamanya.

Kepala Disnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo mengatakan, tujuan kegiatan itu untuk peningkatan kompetensi calon PMI melalui pola bantuan pelatihan dna penempatan kerja di luar negeri.

“Selain itu, tujuan adalah implementasi UU no 18 Tahun 2017 terkait amanat penempatan calon PMI tidak dikenakan biaya penempatan,” ujarnya, Senin (28/10).

Peserta pelatihan ini tidak hanya diikuti dari Provinsi Jatim, namun juga ada dari Provinsi Jateng, pmJabar, dan  NTT. “Total peserta sebanyak 24 orang, dari rencana target awal angkatan 1 sebanyak 40 orang,” terang dia.

Untuk materi, peserta diberikan pengetahuan umum berupa kedisiplinan, mental dan attitude, kebangsaan, bahaya narkoba, K3 dan kerohanian. Selain itu ada keterampilan berupa keterampilan dasar yang meliputi pengetahuan negara tujuan, aturan dan adat istiadatnya. (why/udi)

Tags :
Kategori :

Terkait