Kontribusi Nyata terhadap Penerimaan Negara
Dari sisi keuangan negara, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang mencatat kinerja yang sangat signifikan. Hingga 16 Desember 2025, realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp41.848.550.000, atau 169,08 persen dari target yang ditetapkan.
Pendapatan dari layanan paspor terealisasi sebesar 79,52 persen dari target, sementara pendapatan dari izin keimigrasian dan izin masuk kembali mencapai 209,11 persen dari target. Adapun pendapatan dari pelayanan keimigrasian lainnya mencatat capaian tertinggi, yakni 339,54 persen dari target.
Di sisi lain, realisasi anggaran Kantor Imigrasi Malang mencapai Rp12.108.383.449 atau 94,05 persen dari pagu anggaran, menunjukkan pengelolaan anggaran yang efektif dan akuntabel.
BACA JUGA:Kakanim Tanjung Perak Dampingi Kakanwil Ditjenim Jatim Terima Kunker Spesifik Komisi XIII DPR RI
Penguatan Komunikasi Publik dan Kepuasan Masyarakat
Sepanjang tahun 2025, Kantor Imigrasi Malang juga aktif memperkuat layanan informasi dan pengaduan masyarakat. Ribuan aduan dan permohonan informasi diterima melalui berbagai kanal, seperti WhatsApp, Instagram, TikTok, call center, email, hingga platform pengaduan nasional. Di bidang publikasi, Imigrasi Malang memproduksi konten media internal dan menjalin kerja sama dengan media eksternal, baik media lokal maupun nasional.
Komitmen terhadap pelayanan publik yang bersih dan berkualitas tercermin dari hasil Survei Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Persepsi Korupsi (IPK), yang masing-masing meraih nilai 3,96.
BACA JUGA:Kakanim Tanjung Perak Dampingi Kakanwil Ditjenim Jatim Kunjungi KEK Gresik
Penghargaan dan Arah Kebijakan Tahun 2026
Atas berbagai capaian tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi tingkat nasional, di antaranya Gold Winner “The Most Caring One” sebagai pengelola pengaduan terbaik se-Indonesia dan Gold Winner “IMIFLUENCER”sebagai pengelola media sosial terbaik se-Indonesia tahun 2025.
Memasuki tahun 2026, Kantor Imigrasi Malang telah menyiapkan berbagai program strategis, antara lain pembentukan desa binaan baru, penambahan unit layanan, peningkatan sarana dan prasarana, serta pengembangan inovasi layanan untuk mempertahankan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian, memperkuat pengawasan terhadap orang asing, serta menghadirkan pelayanan publik yang modern, humanis, dan berintegritas demi mendukung pembangunan nasional.
BACA JUGA:Kunker ke Kanim Pamekasan, Wamen Silmy Karim Tekankan Peran Pimpinan dan Sinergi Forkopimda
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang menyampaikan bahwa capaian kinerja sepanjang tahun 2025 merupakan hasil kerja kolektif seluruh jajaran serta dukungan masyarakat dan pemangku kepentingan.
“Tahun 2025 menjadi momentum bagi Kantor Imigrasi Malang untuk terus memperkuat kualitas pelayanan publik sekaligus menjaga fungsi pengawasan keimigrasian. Capaian ini adalah hasil kerja keras seluruh pegawai dan sinergi yang baik dengan instansi terkait,” ujarnya.