SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 mencatat keberhasilan dalam mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini. Hingga H+16 Lebaran atau per 16 April 2025, tercatat 704.769 penumpang telah dilayani melalui pelabuhan-pelabuhan di lingkungan Regional 3.
BACA JUGA:Capai Kinerja Positif di 2024, Pelindo Regional 3 Fokus Program 2025
Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan pada 2024 yang tercatat sebanyak 703.902 penumpang. Capaian ini menjadi bukti nyata komitmen Pelindo dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama masa angkutan Lebaran.
--
Keberhasilan ini tidak lepas dari kesiapan yang matang dan koordinasi intensif antara Pelindo Regional 3 dengan berbagai pemangku kepentingan. Seluruh cabang pelabuhan telah melakukan pengecekan menyeluruh terhadap sarana dan prasarana terminal penumpang.
BACA JUGA:Peringati Bulan K3 Nasional, Pelindo Regional 3 Kumpulkan 239 Kantong Darah untuk PMI
Pelindo juga melakukan sejumlah perbaikan dan peningkatan fasilitas, termasuk ruang tunggu, ruang laktasi, fasilitas kesehatan, area bermain anak, serta jalur khusus untuk kelompok penumpang rentan seperti lansia, penyandang disabilitas, ibu hamil, dan anak-anak.
Di saat yang sama, jumlah personel layanan turut ditingkatkan, baik dari sisi operasional maupun kesehatan dan keamanan, guna memastikan arus penumpang tetap lancar, aman, dan nyaman.
BACA JUGA:Konsisten Terapkan SMK3, Pelindo Regional 3 Raih 9,67 Juta Jam Nihil Laka Kerja
Pelindo Regional 3 juga memperkuat sistem pengamanan melalui Posko Terpadu, peningkatan frekuensi patroli, hingga penyediaan fasilitas penanggulangan darurat dan layanan kesehatan di terminal.
Pelayanan di 20 pelabuhan utama menunjukkan performa optimal, dengan lima pelabuhan dengan jumlah penumpang tertinggi yakni Tanjung Perak (254.247 penumpang), Tanjung Emas (72.912 penumpang), Kumai (57.247 penumpang), Trisakti (44.132 penumpang), dan Lembar (43.412 penumpang).
BACA JUGA:Pelindo Regional 3 Raih Penghargaan TJSL dari Pemprov Jatim
Executive Director 3 Pelindo Ali Sodikin, menyampaikan apresiasi atas kerja keras seluruh tim serta dukungan masyarakat dan mitra kerja.
"Kami bersyukur dapat melayani lebih dari 700 ribu pemudik dengan aman dan nyaman selama masa angkutan Lebaran tahun ini. Ini merupakan hasil dari kolaborasi seluruh insan Pelindo dan para stakeholder dalam menghadirkan layanan publik yang humanis dan profesional. Pelayanan selama Lebaran 2025 menjadi bukti bahwa kami siap hadir di tengah masyarakat dengan pelayanan yang semakin baik," ujarnya, Rabu 24 April 2025.
BACA JUGA:Pelindo Regional 3 Ajak Disabilitas Naik Kelas melalui Pelatihan Digital Marketing Berbasis AI