Semarakkan HUT Ke-79 TNI, Event Triathlon Indonesia Jadi Sarana Mengembangkan Atlet Potensial

Minggu 27-10-2024,14:00 WIB
Reporter : Farid Al Jufri
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Sebagai perayaan HUT ke-79 TNI digelar event bergengsi Triathlon Indonesia 2024. Event ini sekaligus sebagai sarana untuk mengembangkan atlet-atlet potensial.

"Event Triathlon Indonesia 2024 diharapkan tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga platform untuk mengembangkan atlet-atlet potensial dan mempromosikan pariwisata lokal hingga ke luar negeri," kata Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rudy Saladin, Minggu 27 Oktober 2024.

Pangdam juga menjelaskan, kegiatan ini menjadi kesempatan bagi masyarakat, termasuk Forkopimda dan instansi terkait, untuk berkolaborasi dalam meningkatkan minat terhadap pelaksanaan International Triathlon Open Tournament Piala Panglima TNI 2024.

BACA JUGA:Noval Kejutkan Lintasan Triathlon, Sabet Emas dengan Selisih 5 Menit

Disebutkan, minat masyarakat dengan lebih dari 1.090 peserta, termasuk atlet internasional dari Rusia dan Inggris, event ini mencatatkan rekor sebagai salah satu yang terbesar di Indonesia sepanjang tahun 2024. Dan event perdana diadakan di Surabaya.

"Event ini diharapkan dapat memikat wisatawan domestik dan internasional, sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat setempat," ujarnya.

Sementara itu, Sekjen Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PP FTI), Ahyar mengatakaan kegiatan olahraga Triathlon Indonesia ini adalah event pertama yang diselenggarakan dalam rangka HUT TNI, dan berharap bisa menjadi agenda tahunan.

BACA JUGA:Usai Gondol Medali Emas, Atlet Triathlon Siap Hadapi Seleknas

"Saat ini, kami sudah melaksanakan tiga seri triathlon, dimulai dari Situbondo, kemudian PON, dan sekarang di event ini," kata Ahyar.

"Sedangkan untuk kategori peserta, kami membagi event ini menjadi beberapa kelas. Event ini juga merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan poin bagi atlet elit," imbuhnya.

Sekjen PPFTI juga optimistis akan lahir atlet-atlet nasional untuk persiapan di level internasional seperti SEA Games dan Asian Games yang akan dilaksanakan pada 2025 dan 2026.

BACA JUGA:Raih Emas Duathlon, Jatim Incar Juara Triathlon

Selain itu, ada penjaringan atlet muda berbakat yang akan direkrut untuk masuk Timnas persiapan Olimpiade 2026, sembari bicara mengenai prestasi atlet lokal, perkembangannya sangat baik hingga akhir Oktober ini.

"Target kami tahun depan di SEA Games Thailand adalah menjadi juara umum, karena performa atlet-atlet kita sudah di atas rata-rata negara-negara Asia Tenggara. Seri ketiga ini, berhasil menyumbang kontribusi medali emas dan perak. Pembinaan atlet juga sudah merata di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua," pungkasnya. (rid)

Kategori :