Sambut Kepemimpinan Presiden Baru, Pj Wali Kota Iwan: Kota Malang Siap Mendukung Kebijakan Pusat

Senin 21-10-2024,16:52 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Ferry Ardi Setiawan

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM mengucapkan selamat atas dilantiknya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada 20 Oktober 2024.

BACA JUGA:Support Sejawatnya, Pj Wali Kota Malang Hadiri Pelantikan Pj Gubernur Jakarta

Menanggapi hal ini, Pj Wali Kota Iwan menegaskan kesiapan Pemkot Malang untuk mendukung dan mengimplementasikan kebijakan baru yang akan diluncurkan Presiden ke-8 ini.

“Kami Pemerintah Kota Malang mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang telah dilantik kemarin. Dan tak lupa kami juga sampaikan terima kasih kepada Presiden ketujuh Bapak Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin atas kepemimpinan luar biasanya,” kata Pj Wali Kota Iwan Kurniawan.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Malang Minta Langkah Taktis Penanganan Anak Tidak Sekolah

Pj Wali Kota Iwan menyebut telah ada pelantikan untuk 48 kementerian dan 5 lembaga. Menurutnya akan ada sejumlah perubahan yang akan mengikuti. Sehingga ia menegaskan pentingnya pemerintah daerah mempersiapkan diri menghadapi perubahan tersebut.

BACA JUGA:Grand Final Kakang Mbakyu: Pj Wali Kota Iwan Titip Promosikan Kota Malang Kota Kreatif Dunia

“Presiden dan Wakil Presiden baru telah dilantik, kabinet baru juga telah ditetapkan. Tentu di tataran pusat akan ada kebijakan penganggaran dan perencanaan baru yang perlu diperhatikan. Maka kami dari Pemkot Malang siap untuk menyesuaikan kebijakan nasional serta RPJMN yang akan datang. Tentunya kami akan menyiapkan langkah strategis untuk mengikuti dan mendukung arahan yang bersifat top down dari pusat,” beber Pj Wali Kota Iwan.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Malang Harap Pilkada Kota Malang Berjalan Kondusif

Selanjutnya, Pj Wali Kota Iwan menyebut telah menginstruksikan jajaran Pemkot Malang untuk bersiap menghadapi perubahan kepemimpinan dan kebijakan dari pusat. 

“Saya telah instruksikan agar jajaran Pemerintah Kota Malang bersiap menyesuaikan kondisi kepemimpinan baru maupun kebijakan baru dari pusat. Isu-isu yang sifatnya top down, bottom up, maupun isu strategis yang kita prioritaskan untuk selalu diperhatikan dan diselaraskan. Agar nantinya bisa menjadi pedoman perencanaan dan pelaksanaan kegiatan kita pada 2025,” terang Pj Wali Kota Iwan.

BACA JUGA:Sambut Peserta Pelatihan PKA-PKP, Pj Wali Kota Iwan Sampaikan Potensi Kota Malang

Pj Wali Kota Iwan juga menjelaskan bahwa hal ini sejalan dengan arahan Mendagri Tito Karnavian yang pernah disampaikan kepada jajaran Penjabat Kepala Daerah. 

"Ini seperti arahan yang pernah disampaikan Mendagri Tito Karnavian, agar Pj-Pj kepala daerah harus bisa menangkap pesan dari pemerintah pusat, untuk kemudian diakomodir dan disesuaikan daerah masing-masing,” terang Iwan.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Malang Dorong Ciptakan Tertib Tata Kelola Aset

Kategori :