Ramaikan Hari Jadi Kabupaten Jombang ke-114, Pemkab Gelar JCC 2024

Sabtu 19-10-2024,14:13 WIB
Reporter : Muhammad Yusuf
Editor : Muhammad Ridho

JOMBANG, MEMORANDUM.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Jombang Culture Carnival (JCC) 2024. Titik keberangkatan peserta di depan Stadion Merdeka Jombang. 

Rute JCC 2024 yang dilewati sekitar 40 peserta ini, yakni Jalan Gus Dur, Bundaran Ringin Contong, Jalan KH. Wachid Hasyim, Jalan Dr. Soetomo dan finis di perempatan SMAN 2 Jombang. 

BACA JUGA:Peringati Hari Jadi ke-111, Pemkab Jombang Gelar Vaksinasi di Klenteng Hong San Kiong

Jombang Culture Carnival (JCC) Tahun 2024 ini, merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang ke -114 dan Hari Santri Nasional Tahun 2024. 

Masing-masing peserta mengambil tema kesenian dan budaya asli Kabupaten Jombang. Seperti menampilkan kesenian Besutan asli Jombang hingga tampilan yang menggambarkan Situs Sendang Made yang berada di Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang. 

Ada juga peserta yang menampilkan bala pasukan kerajaan dan juga ogoh-ogoh. Kemudian kreasi mobil hias yang disesuaikan dengan tema dari masing-masing peserta. Sehingga, penampilan peserta JCC menyedot perhatian warga yang menonton dari tepi jalan. 

BACA JUGA:Meriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pemkab Jombang Gelar Karnaval

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Wor Windari mengatakan, bahwa karnaval ini merupakan bentuk nyata dukungan Pemkab Jombang terhadap warisan budaya Kabupaten Jombang. 

"Budaya Jombangan dan budaya santri. Melalui acara ini kita dapat menyaksikan berbagai pertunjukan yang dikemas dengan kreativitas dan inovasi," katanya, Sabtu 19 Oktober 2024.

BACA JUGA:Sepi Pembeli, Penjual Ramai-ramai Tinggalkan Pusat Oleh-Oleh

BACA JUGA:Pemkab Jombang Dorong UMKM Berinovasi dan Berkreasi

Menurut Windari, ini sebagai salah satu wujud upaya Pemerintah Kabupaten Jombang dalam menyediakan wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan potensi dan unggulannya. 

"JCC 2024 juga menjadi momen istimewa dalm dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Jombang yang ke - 114," ujarnya. 

Windari menegaskan, Jombang telah dan akan terus berkontribusi secara signifikan dalam berbagai bidang. Entah itu di budang pembangunan infrastruktur maupun peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dan karnaval ini menjadi salah satu bentuk syukur atas pencapaian yang diraih Pemerintah Kabupaten Jombang. 

"Melalui kegiatan ini, kita terus didorong untuk meningkatkan dan memperkenalkan tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat internasional," tukasnya. 

Kategori :