Pedagang Keluhkan Tidak Boleh Potong Ayam ke Pasar Keputran Selatan

Rabu 16-10-2024,17:59 WIB
Reporter : Oskar Rio
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Jelang direvitalisasi, pedagang ayam Pasar Keputran Selatan mengeluh dengan sistem yang diterapkan PD Pasar Surya. Yakni ayam harus sudah dalam keadaan sudah terpotong dan tidak boleh dipotong di tempat. 

BACA JUGA:Demi Pelebaran Jalan Sulawesi, 40 Stan Pasar Keputran Selatan Digusur

Salah satu pedagang ayam yang mengeluh adalah Toha. Dia mengatakan kabar pasar akan direvitalisasi dalam empat bulan ini dan sudah disosialisasikan kepada pedagang ayam.

"Nanti kalau sudah direvitalisasi pedagang ayam boleh berjualan di pasar, tapi tidak ayam boleh masuk namun dalam keadaan terpotong," ungkap Toha kepada memorandum.co.id, Rabu 16 Oktober 2024. 

BACA JUGA:Hidupkan Ruh Pasar Keputran Utara, Ini 3 Saran DPRD Surabaya

Dengan sistem seperti itu, Toha merasa keberatan dikarenakan dianggap sama saja mengurangi pendapatan pedagang ayam di pasar. Sebab, selama ini pembeli lebih suka beli ayam lalu dipotong di tempat. 

"Kalau dalam keadaan ayam sudah dipotong, kami kawatir tidak laku dan sama saja membunuh pendapatan pedagang kalau tidak diperbolehkan masuk pasar. Saya tidak tahu alasannya apa," ujar Toha. 

BACA JUGA:Stan  Pedagang Unggas Pasar Keputran Selatan Diratakan dengan Tanah

Toha mengaku, bisa menjual 100 ekor per ekor ayam hidup yang langsung dipotong di tempat. Bila ayam harus dipotong ke tempat lain seperti di rumah pemotongan hewan (RPH), maka akan mengeluarkan biaya tambahan. 

Dia khawatir bila ayam diperbolehkan masuk dalam keadaan sudah terpotong maka akan sepi pembeli seperti di Pasar Pucang. Pedagang ayam yang semula di stan paling bawah, dipindah ke lantai tiga maka pembeli enggan naik. 

BACA JUGA:Meresahkan! Pedagang Liar Masih Padati Bahu Jalan Pasar Keputran Utara

"Omzet pedagang bisa turun. Pembeli rata-rata suka beli ayam dan dipotong di tempat," pungkas Toha.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Thoim, pedagang ayam di Pasar Keputran Selatan. Sebelumnya memang pihak Pemkot Surabaya melalui PD Pasar Surya sudah melakukan sosialisasi revitalisasi pasar. 

Dalam pertemuan dengan pedagang ayam, tidak menemukan titik terang tentang kebijakan larangan pedagang ayam berjualan di pasar. Seperti ayam masuk ke pasar dalam keadaan sudah terpotong. 

BACA JUGA:Perlebar Jalan Sulawesi,  Stan Pasar Keputran Selatan Digusur

Kategori :