PDIP Kembali Beri Kepercayaan Adi Sutarwijono Nakhodai DPRD Surabaya Periode 2024-2029

Selasa 08-10-2024,15:53 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Setelah melalui proses politik yang cukup panjang, akhirnya teka-teki kepemimpinan ketua definitif DPRD Surabaya terjawab. Adi Sutarwijono dipastikan akan menduduki kursi Ketua DPRD Surabaya periode 2024-2029.

Surat Keputusan (SK) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang mengukuhkan dirinya sebagai Ketua DPRD Surabaya definitif akan segera disahkan dalam sidang paripurna yang digelar pada Rabu 9 Oktober 2024. 

Kepastian ini tentu saja akan mengubah dinamika politik di DPRD Surabaya. Agenda paripurna yang semula hanya akan menetapkan tiga Wakil Ketua DPRD kini menjadi lebih lengkap. Dengan telah ditetapkannya Ketua DPRD, maka komposisi pimpinan DPRD Surabaya periode 2024-2029 pun menjadi sempurna.

BACA JUGA:Antisipasi Banjir dan Macet, DPRD Surabaya Minta Proyek Box Culvert Babat Jerawat Selesai Tepat Waktu

Dikonfirmasi Memorandum, Adi Sutarwijono membenarkan kabar rekomendasi tersebut. "Iya iya (benar rekomendasi tersebut), " kata Adi dikonfirmasi Memorandum, Selasa 8 Oktober 2024. 

Meskipun SK belum secara resmi berada di tangannya, namun dokumen penting tersebut dipastikan akan menjadi bagian dari agenda rapat paripurna Penetapan Calon Pimpinan DPRD massa jabatan 2024-2029 yang akan berlangsung di gedung rakyat Jalan Yos Sudarso tersebut. 

"Kalau bisa diikutsertakan di rapat paripurna besok," kepada Memorandum. 

BACA JUGA:Tren Pelanggaran ASN Meroket, DPRD Surabaya Minta Pemkot Lakukan Evaluasi Menyeluruh

Ketika ditanya mengenai fokus utama dalam kepemimpinannya, Adi menegaskan bahwa DPRD akan terus berperan aktif dalam mengawal pembangunan Surabaya. Termasuk akan fokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, tata kelola pemerintahan yang baik, serta pengembangan ekonomi yang berkelanjutan. 

"Di DPRD tetap berdasarkan semangat gotong-royong, bersifat kolektif, " ujar Adi. 

Sementara itu internal PDIP Surabaya Ahmad Hidayat membenarkan bila Adi Sutarwijono ditunjuk dan mendapatkan rekomendasi kembali menjadi ketua DPRD Surabaya periode 2024-2029. 

BACA JUGA:Hari Batik, DPRD Surabaya Ajak Jaga dan Perkaya Warisan Nusantara

"Betul sudah turun, akan di paripurnakan besok," kata Hidayat diwawancarai Memorandum. 

Wakil Sekretaris PDIP Surabaya ini menjelaskan bahwa saat ini Adi didampigi pengurus DPC PDIP Surabaya tengah menuju Jakarta untuk mengambil dokumen penting tersebut, sehingga besok dapat diparipurnakan. 

"Hari ini beliau Pak Ketua (Adi Sutarwijono) didampingi sejumlah pengurus DPC seperti Pak Taru Sasmito dan Pak Purwadi akan berangkat ke Jakarta (mengambil fisik surat rekomendasi) sehingga besok dapat di paripurnakan, " kata Ahmad Hidayat. 

Kategori :