Datangi Industri Sepatu Sambong Dukuh, Warsubi Tekankan Komitmen WarSa Bagi UMKM

Senin 07-10-2024,07:20 WIB
Reporter : Muhammad Anwar
Editor : Muhammad Ridho

JOMBANG, MEMORANDUM.CO.ID - Calon Bupati (Cabup) Kabupaten Jombang, Warsubi melihat langsung industri pabrik sepatu lokal UD Samodra Jaya, Desa Sambong Dukuh kecamatan Jombang.

Selain ingin menunjukkan komitmen pasangan calon (Paslon) Warsubi - Salman (WarSa) terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Kedatangan mantan kepala desa (Kades) Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, tiga periode itu untuk berdiskusi langsung dan mendengar uneg-uneg dengan ratusan pekerja.

"Ini adalah bukti jika keberadaan pabrik sepatu berbasis home industri adalah penggerak ekonomi masyarakat Desa Sambong Dukuh. Jadi selain ada potensi ekonomi, penyerapan tenaga kerja juga bisa dilakukan," papar Warsubi, Sabtu 5 Oktober 2024.

BACA JUGA:Gempita Suara Gelaran Pasar WarSa, Masyarakat Inginkan Warsubi Pimpin Jombang

Diakui olehnya, apa yang dilakukan oleh Soma, sang pemilik pabrik merupakan tindakan konkret dalam pemberantasan kemiskinan. Jadi manakala terpilih, komitmen WarSa sudah sangat jelas bakal mendukung eksistensi UMKM.

"Apa yang dilakukan oleh Pak Soma sudah selaras dengan program pengentasan kemiskinan pemerintah. Berkaitan dengan hal itu, komitmen kami (WarSa) sudah sangat jelas," ujarnya.

Bentuk komitmen tadi, yakni memberikan dukungan untuk kemajuan UMKM. Baik itu berupa bantuan permodalan melalui lembaga keuangan, pelatihan, kesehatan, hingga pemasaran.

"Keberadaan UMKM sangat viral dalam dalam upaya pemberantasan kemiskinan oleh pemerintah. Jadi harus diberikan dukungan baik itu permodalan, pelatihan, kesehatan, hingga pemasaran," lanjut pria yang juga pengusaha itu.

BACA JUGA:Simbol Perdamaian, Relawan WarSa Bagikan Bunga ke Tim MuRah

Salah satu bentuk nyata yang turut bisa dilakukan oleh masyarakat, yakni mendukung produk lokal. Papar Warsubi, dengan mencintai produk lokal merupakan langkah penting dalam membangun kemandirian ekonomi. 

"Ketika kita mencintai dan membeli produk-produk buatan lokal, kita memberikan dukungan finansial kepada pengusaha lokal dan industri manufaktur, yang pada gilirannya dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi," paparnya.

Soma, pemilik pabrik mengaku sengaja membuatkan desain sepatu khusus untuk Warsubi dan Gus Salman juga beberapa tim. Karena itu, tulisan WarSa di bagian pinggir sepatu menjadi ciri khas tersendiri.

"Saya ingin membuatkan sepatu untuk Abah beserta Ibu, Gus Salman beserta Bu nyai dan tim. Sepatunya slip on jadi lebih mudah dikenakan. Tidak butuh simpul tali yang ribet. Praktis dan nyaman digunakan untuk aktivitas outdoor," jelasnya. 

BACA JUGA:Hadir di Reuni Akbar, Pasangan WarSa Didoakan Ribuan Jemaah Haji Menang di Pilkada Jombang

Tags :
Kategori :

Terkait