Cargill Resmikan Lini Produksi Kakao Baru di Indonesia untuk Memenuhi Permintaan Konsumen Asia

Selasa 01-10-2024,15:09 WIB
Reporter : Ahmad Syaiku
Editor : Muhammad Ridho

GRESIK, MEMORANDUM.CO.ID - Seiring dengan terus meningkatnya permintaan pasar Asia untuk makanan dan minuman. Cargill mengumumkan peresmian lini produksi kakao baru di pabrik pengolahan kakao Gresik.

Francesca Kleemans, Managing Director Cargill Food Solutions Asia Tenggara, mengungkapkan, Dalam produk bakery (roti), es krim, dan cokelat, serta minuman ala cafe, kakao dan cokelat selalu menjadi salah satu bahan yang paling populer. 

"Cargill memperkirakan dalam jangka waktu beberapa tahun mendatang, permintaan konsumen Asia pada kategori makanan tersebut akan melonjak secara signifikan, dipengaruhi oleh tren konsumsi terhadap pengalaman multisensori, kebutuhan akan makanan yang lezat namun sehat, serta pola konsumsi yang bertanggung jawab.”ungkapnya.

BACA JUGA:Upaya Meningkatkan Kesehatan Masyarakat di Pandaan, Cargill Terima Penghargaan ADINKES

Berdasarkan studi konsumen yang dilakukan Cargill terhadap tren dan pola konsumsi, Konsumen di wilayah Asia Pasifik memiliki dorongan yang kuat dan terus meningkat untuk mencoba hal-hal baru, mencari makanan dengan cita rasa, aroma dan tekstur yang unik.


Cargill mengumumkan peresmian lini produksi kakao baru di pabrik pengolahan kakao Gresik.--

Di saat yang sama, kesadaran konsumen terhadap kesehatan secara holistik semakin meningkat serta konsumen semakin terdorong mencari produk pangan yang sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai pribadi. 

Melengkapi lini produksi kakao yang sudah ada di fasilitas Gresik, lini baru ini memungkinkan produksi solusi kakao khusus dengan kustomisasi atau tingkat penyesuaian yang lebih tinggi, memungkinkan kemampuan pabrik untuk menghasilkan produk kakao bubuk dan kakao massa (cocoa liquor) dengan profil rasa dan sensori yang unik untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Asia yang beragam.

“Dengan sukacita saya mengumumkan investasi Cargill yang baru, yang kami yakin akan mampu menetapkan standar baru industri dalam hal inovasi dan daya saing produk kakao dan cokelat, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan konsumen di Asia."ungkapnya

BACA JUGA:Peringati Hari Mangrove Sedunia, Cargill Resmikan Arboretum Mangrove dan Ajak Aksi Tanam 16.000 Bibit Mangrove

Dengan kemampuan itu mereka menantikan kolaborasi dengan pelanggan yang berada Asia.

"Dengan memanfaatkan teknologi manufaktur terbaru dan R&D canggih, lini baru ini memungkinkan terobosan dan inovasi baru serta kecepatan luar biasa dalam ekspansi pasar. Di saat rantai pasokan global menghadapi tantangan besar, strategi near-shoring dimana aktivitas bisnis dekat dengan pasar, sangatlah penting bagi pelanggan, terutama untuk mempertahankan ketersediaan pasokan dan daya saing. Di sinilah kami dapat memberikan nilai tambah dan mendukung pelanggan melalui solusi ‘Asia untuk Asia’ kami,” tambah Francesca.

BACA JUGA:Bekal Hadapi Dunia Industri, Cargill Gelar Pelatihan Program Teaching Factory di SMK YASMU Manyar Gresik

Untuk menandai peresmian serta unjuk kemampuan lini baru ini, Cargill meluncurkan beberapa produk, yaitu dua varian kakao bubuk Gerkens dengan rona warna gelap dan profil rasa premium, serta serangkaian varian baru kakao massa Cargill Craft yang menghadirkan berbagai rasa mulai dari fruity, fresh hingga roasted.

• Gerkens Max80 kakao bubuk yang menghasilkan warna cokelat gelap dengan profil rasa cokelat yang pekat

Kategori :