5 Tips Masak Nasi di Rice Cooker Agar Tidak Gampang Basi

Minggu 29-09-2024,10:57 WIB
Reporter : M. Muhasin Za'im
Editor : Agus Supriyadi

MEMORANDUM.co.id - Memang, nasi adalah makanan pokok kita sehari-hari sebagai orang Indonesia. Inilah yang membuat kita sering memasak nasi dalam jumlah cukup banyak.

Sayangnya, bila nasi tidak disimpan dengan baik, bisa-bisa membuat makanan tersebut cepat basi dan tidak dapat dikonsumsi lagi.

Tentu, hal ini akan merugikan karena kita  terpaksa akan membuang sisa sasi tersebut. Memasak nasi menggunakan rice cooker atau magic com memang yang paling praktis.

Tinggal tekan tombol "cook", beras bisa langsung jadi nasi untuk disantap. Nasi pun bisa dimakan dan bertahan seharian.

BACA JUGA:Ipar Adalah Maut Masuk 4 Nominasi IMMA 2024: Michelle Ziu Beri Ucapan Selamat

BACA JUGA:Hobi sehari-hari yang Dapat Menjadi Ide Bisnis

Kalau ingin nasi yang dimasak tidak cepat basi, ada tips mudah yang bisa dicoba. Dengan menambahan bahan sederhana, kita bisa membuat nasi yang tidak gampang basi.

Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Cuci beras hingga bersih

Sebelum memasak nasi, tentunya kamu harus mencucinya terlebih dahulu, bukan? Nah, saat mencucinya, pastikan untuk mencucinya hingga air bilasan berwarna bening.

Pastikan kamu membersihkan beras dari kutu danu kotoran lainnya yang ada. Tidak hanya membuat beras bersih, tapi juga bisa membuat nasi kamu jadi lebih tahan lama dan pulen.

2. Gunakan air yang cukup saat memasak

Saat memasak di nasi, penting bagi kamu untuk mengetahui penggunaan air yang tepat sesuai panduan dari rice cooker masing-masing.

Hindari menambahkan air terlalu banyak atau bahkan kurang. Kalau air yang kamu gunakan berlebihan, nasi akan menjadi lembek, basah, dan mudah basi.

Sedangkan penggunaan air yang kurang , justru akan membuat nasi jadi kering dan keras.  Tipsnya, gunakan air sebanyak satu ruas jari dari permukaan beras agar nasi bisa matang dengan sempurna.

3. Tambahkan Air Perasan Jeruk Lemon dan Daun Pandan

Siapkan air perasan jeruk lemon dan irisan daun pandan. Tambahkan kedua bahan tersebut ke beras yang akan dimasak, lalu tekan tombol "cook".

Kategori :