Pemkab Gresik Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Minggu 22-09-2024,18:01 WIB
Reporter : Faishal Danny.
Editor : Ferry Ardi Setiawan

GRESIK, MEMORANDUM.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bersama Kementerian Sosial (Kemensos) RI menggelar bakti sosial operasi katarak secara gratis. Baksos itu, digelar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina, Sabtu 21 September 2024.

BACA JUGA:Sukses Terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Pemkab Gresik Raih Digital Government Award

Bakti sosial tersebut diinisiasi Kementerian Sosial dan Pemkab Gresik yang kemudian bekerjasama dengan Dinas Sosial serta Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami). Warga yang telah mendaftar, sangat antusias mengikuti bakti sosial ini.

BACA JUGA:Legislatif Minta Pemkab Gresik Daftarkan Warga Miskin di DTKS Dapat PBI JK

Pantauan di lokasi, sebanyak 219 peserta dari penjuru wilayah Kabupaten Gresik antusias mengikuti operasi katarak gratis itu. Sejak pagi, ratusan peserta sudah antre mengikuti pendaftaran hingga serangkaian pemeriksaan kesehatan (screening).

BACA JUGA:Hari Otoda Ke-28, Pemkab Gresik Kuatkan Komitmen Pembangunan Berkelanjutan

Untuk memaksimalkan program ini, pihak Pemkab Gresik juga bekerjasama dengan dokter hingga tim medis yang terlatih. 

BACA JUGA:Penuhi Kebutuhan Pokok dengan Harga Terjangkau, Pemkab Gresik Gelar Pasar Murah

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gresik dr Ummi Khoiroh menyatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat Gresik. Khususnya bagi warga yang membutuhkan penanganan namun terkendala biaya.

BACA JUGA:Pemkab Gresik Buka Layanan Mudik Gratis Khusus Santri

"Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan akibat katarak," kata dr Ummi Khoiroh.

BACA JUGA:Kolaborasi Kadin-Pemkab Gresik Buka Peluang Kuliah Gratis dan Kerja di Jerman

"Selain itu, operasi katarak ini adalah salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Gresik untuk mewujudkan kesehatan masyarakat secara lebih melalui penyediaan layanan kesehatan terjangkau dan berkualitas," imbuh dr Ummi Khoiroh.

BACA JUGA:Hijaukan Stadion Gejos, REI dan Pemkab Gresik Tanam Ribuan Pohon

Kegiatan ini, lanjut Ummi, diharapkan bisa menjangkau semua masyarakat Kabupaten Gresik yang sedang mengalami gangguan pengelihatan akibat katarak. Warga yang ingin mendaftar, hanya menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

Kategori :