Jatim Vs Jabar di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Fakhri Husaini Inginkan Final Berkualitas

Rabu 18-09-2024,06:21 WIB
Reporter : Eko Yudiono
Editor : Muhammad Ridho

ACEH, MEMORANDUM.CO.ID - Tim sepakbola Jawa Timur (Jatim) menjaga asa meraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut.

Di laga pamungkas, Jatim akan menghadapi tim sepakbola Jawa Barat (Jabar) yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu 18 September 2024. Laga kedua kesebelasan diharapkan menjadi tontonan menarik dan pertandingan yang berkualitas.

BACA JUGA:Tembus Final PON, PSSI Jatim Harap Bisa Kembali Rebut Emas

Harapan tersebut disampaikan pelatih sepakbola Jatim Fakhri Husaini.

"Sepakbola harus memberikan kebaikan kepada semua," kata Fakhri dalam sesi jumpa pers di Media Center PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Hotel Hermes, Banda Aceh, Selasa, 17 September 2024 malam.

BACA JUGA:Atlet Selam Kabupaten Pasuruan Berjaya di PON XXI Aceh-Sumut dan Pecahkan Rekor Nasional

Salah satu syarat agar partai final antara Jatim dan Jabar menjadi tontonan menarik adalah harus dipimpin wasit berkualitas. Seperti halnya babak semifinal antara tim sepakbola Jatim dan tuan rumah Aceh. Pertandingan dipimpin wasit dari Liga 1.

Sekalipun tuan rumah Aceh harus kalah, semua pihak dapat menerimannya. Termasuk suporter Aceh yang diperkirakan mencapai 44 ribu orang. Sementara suporter tim sepakbola Jatim hanya sekitar 300-400 orang. Tapi mereka merasa nyaman dan aman karena pertandingan berlangsung baik. 

"Bayangkan, 300-an supporter Jatim di antaranya ribuan suporter Aceh. Tidak ada satupun batu yang mengarah ke suporter Jatim. Semuanya bisa menerima meski Aceh kalah," ucapnya.

BACA JUGA:Perkasa di Hari Pertama, Selam Jatim Borong Tiga Emas di PON XXI 2024

Pada kesempatan ini, Fakhri banyak menyoroti kepemimpinan wasit pada babak perempat final antara Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Aceh. Sebenarnya, lanjut Fakhri, kedua kesebelasan diperkuat dengan pemain berkualitas. Mereka pula yang akan menjadi masa depan sepakbola Indonesia.

Namun laga kedua kesebelasan menjadi tidak menarik karena kualitas wasit yang memimpin jalannya pertandingan. Wasit berat sebelah saat mengambil keputusan dan banyak menguntungkan salah satu tim.

"Menyaksian Sulteng lawan Aceh, saya sangat sedih. Pertandingan jadi tidak berkualitas karena dipimpin wasit yang tidak berkualitas," tandasnya.

BACA JUGA:Kian Kokoh di Puncak Klasemen Perolehan PON XXI 2024, Ketua KONI Jatim Optimistis Emas Terus Bertambah

Apakah diperlukan VAR? menurut Fakhri, terlalu mahal untuk menerapkan perangkat tersebut untuk even setingkat PON. Orang awam pun yang menyaksikan laga antara Aceh lawan Sulteng tahu bahwa wasitnya tidak berkualitas.

Kategori :