Banyak Pejabat Pemkab Pasuruan Rangkap Jabatan

Rabu 04-09-2024,17:30 WIB
Reporter : Muhamad Hidayat
Editor : Ferry Ardi Setiawan

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Pemkab Pasuruan kini dilanda krisis kepala bagian dan kepala dinas. Bagaimana tidak. Saat ini tercatat minimal ada 4 pejabat yang harus merangkap jabatan. 

BACA JUGA:Pemkab Pasuruan Siap Antisipasi Kekeringan saat Datang La Nina

Bahkan, ada potensi bakal bertambah rangkap jabatan ini, saat berada di bulan November 2024. Yakni ketika Kepala Dinas Bina Marga, Hanung Widya Sasongko memasuki purnatugas (pensiun). 

BACA JUGA:Pemkab Pasuruan Komitmen Tingkatkan SPBE

Saat ini, tercatat sudah ada empat jabatan Eselon II dan III di lingkup Pemerintah Kabupaten Pasuruan yang dipastikan kosong tahun ini. Dan terpaksa dirangkap jabatannya. 

Yakni, jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD). Sebelumnya, jabatan ini di bawah kendali Akhmad Khasani. Namun karena yang bersangkutan tersandung kasus pemotongan dana insentif dan memutuskan pensiun dini, maka jabatan ini diberikan Plt Didgo Sutjahyo. 

BACA JUGA:Ketua Peradi Kabupaten Pasuruan Desak Pemkab Beri Hukuman Berat Mantan Kasitrantib Beji

Lalu, tiga jabatan lain juga lowong. Yakni, kabag Perekonomian, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, dan juga Sekretaris Dewan. Kabag perekonomian kini dijabat Plt Alfan. Alfan menggantikan sementara posisi Wiyoso yang pensiun pada Agustus 2024. Lalu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan ditinggalkan  Hasbullah pensiun awal September 2024. Kini dijabat Plt Bakti Jati Permana.

BACA JUGA:3 Pejabat Pemkab Pasuruan Terancam Sanksi Terkait Netralitas ASN 

Sementara, jabatan Sekretaris Dewan juga belum definitif setelah ditinggalkan Moh Ridwan yang pensiun awal September 2024. Jabatan Sekwan diberikan kepada Syaifuddin Ahmad sebagai Plt. 

BACA JUGA:Wakil Ketua Dewan Desak Pemkab Keluarkan SK Perpanjangan Jabatan Kades

Baik Alfan, Didgo, Bakti dan Syaifuddin sudah memiliki jabatan definitif di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Alfan saat ini sebagai Kabag Hukum. Lalu, Digdo sebagai Kabid di Dinas Pengelolaan Keuangan. Bakti sebagai Kepala Bappeda dan Syaifuddin kini menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

"Ya, saat ini yang bisa kita lakukan baru itu (rangkap jabatan)," ujar Sekda Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, Rabu 4 September 2024. 

BACA JUGA:Kejaksaan Tahan Mantan Kepala BPKPD Pemkab Pasuruan, Terkait Dugaan Gratifikasi

Sedangkan Kepala Bina Marga dan Bina Konstruksi, Hanung Widya Sasangka, Rabu 4 September 2024.

Kategori :