Puncak HUT Ke-79 RI, Kelurahan Se-Kota Pasuruan Meriahkan Carnival Budaya Cakrawala Dunia

Minggu 01-09-2024,20:44 WIB
Reporter : Muhamad Hidayat
Editor : Ferry Ardi Setiawan

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Wakil Wali Kota Pasuruan H Adi Wibowo menyaksikan meriahnya Pasuruan Street Art Carnival Budaya Cakrawala Dunia. Event ini memungkasi rangkaian HUT ke-79 RI di Kota Pasuruan. 

BACA JUGA:PON XXI ACEH-SUMUT: Daftar Cabang Olahraga dan Venue Pertandingan di Aceh

Peserta Street Art Carnival adalah kelurahan se-Kota Pasuruan. Event ini dipusatkan di Gedung Harmoni Kota Pasuruan.

Event ini merupakan event kali pertama di Kota Pasuruan. Masing-masing kelurahan menampilkan budaya cakra dunia dan memberikan penampilan terbaik. Para peserta mengenakan busana dari berbagai negara untuk menghibur ribuan masyarakat Kota Pasuruan.

BACA JUGA:Komisi II DPR Dorong STPN Transformasi Jadi Politeknik, Ajak Kementerian ATR/BPN Tingkatkan Kualitas Lulusan

Rute yang dilalui pertama kali start dari depan Kantor Pemerintah Kota Pasuruan dan finish di depan halaman Gedung Harmoni.

Dalam sambutannya, Mas Adi sapaan Adi Wibowo menyampaikan malam ini, masyarakat Kota Pasuruan menyaksikan budaya cakra dunia dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Semua kelurahan, RT, dan RW menampilkan karnaval yang menyajikan budaya nusantara.

BACA JUGA:Mantan Bupati Jemput Gunawan Diajak Keliling Sapa Masyarakat

"Malam hari ini kita saksikan dari kelurahan yang menampilkan budaya internasionalnya. Budaya dunianya. Kita bersyukur malam ini menjadi puncak karnaval peringatan 17 Agustus yang sudah diawali dengan sekian banyak dari masing-masing kelurahan tingkat RT dan RW dengan berbagai kreatifitas masyarakat. Dari anak-anak. Dari yang balita hingga usia lanjut. Semuanya berpartisipasi untuk memeriahkan peringatan hari ulang tahun ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Mas Adi, Minggu 1 September 2024.


Atraksi peserta Art Street Carnival Cakrawala Dunia yang digelar Pemkot Pasuruan.-Muhammad Hidayat-

Mas Adi menambahkan, Kota Pasuruan saat ini semakin meriah dengan tampilan yang sudah memiliki standar dari mulai tingkatan kelurahan. Bila diikuti, semua tampilan bisa dikatakan selevel tingkat nasional.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Matangkan Latihan sebelum Bertolak ke Arab Saudi

"Malam ini kita lihat seperti kita lihat budaya tingkat internasional. Ini wujud bagaimana kreatifitas yang diberikan ruang dengan baik tumbuh dengan cukup baik. Maka ini menjadi komitmen kami, Pemerintah Kota Pasuruan bagaimana pengembangan kreatifitas di Kota Pasuruan ini semakin diberikan ruang  yang seluas-luasnya. Ini menjadi bagian upaya untuk meningkatkan pariwisata di Kota Pasuruan," tambahnya.

BACA JUGA:Besok Hasil Tes Kesehatan Cagub-Cawagub Jatim Diumumkan

Ia berharap kegiatan carnival ini dapat memberikan dampak kepada segenap masyarakat.

Kategori :