Sambut Mahasiswa Baru, UKM Khusus Untag Surabaya Tampilkan Inovasi Berbudi Pekerti

Sabtu 31-08-2024,18:18 WIB
Reporter : Alif Bintang
Editor : Muhammad Ridho

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya 2024 menghadirkan momen menarik.

Mahasiswa baru disuguhi pertunjukkan dari 28 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), termasuk UKM Divisi Khusus yang menjadi sorotan utama.

Tema Teknologi untuk Budi Pekerti menjadi landasan bagi semua kegiatan yang ditampilkan. UKM unjuk gigi mengintegrasikan teknologi dengan nilai-nilai karakter dan etika.

BACA JUGA:Perkuat Nilai Kebangsaan, Untag Surabaya Kirim Empat Dosen Muda Ikuti Diklat Pancasila di UGM

UKM Divisi Khusus di Untag Surabaya meliputi UKM Menwa, Pramuka, Kesehatan, dan Robotika, yang diorganisir oleh Badan Koordinasi Kegiatan (BKK) UKM Untag Surabaya.

Kepala Divisi Khusus BKK UKM Untag Surabaya Adam Musthofa menjelaskan bahwa divisi khusus kerap terlibat dalam berbagai kegiatan universitas.

“Divisi khusus ini menaungi UKM yang sering terlibat dalam acara-acara universitas, seperti upacara 17 Agustus, di mana divisi ini melakukan kolaborasi,” ujarnya, Sabtu, 31 Agustus 2024.

BACA JUGA:Peduli Tunanetra, Mahasiswa Untag Surabaya Gagas Inovasi Alat Bantu Virtual dengan GPS Tracking

Dalam divisi khusus UKM Pramuka, Racana Soekarno & Fatmawati Gudep 08.085/08.086 menampilkan bagaimana nilai-nilai budi pekerti dapat diterapkan melalui kegiatan sosial.

Didirikan pada tahun 1994 dan sempat dibekukan pada 2000-an, UKM ini diaktifkan kembali pada 2018 berdasarkan keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Kami turun ke SD dan SMP di Surabaya untuk membina pramuka, menanamkan nilai-nilai budi pekerti melalui aktivitas sosial,” jelas Ketua UKM Pramuka Untag Surabaya Mohammad Ivan Hariansyah

BACA JUGA:Gelar Konferensi Internasional KRA XI 2024, Untag Surabaya Hadirkan Pembicara dari Enam Negara

Sedangkan UKM Kesehatan memainkan peran krusial dalam penanganan kesehatan civitas akademika Untag Surabaya. Dalam penampilannya, UKM Kesehatan memberikan edukasi kepada calon mahasiswa baru mengenai penanganan pertama terhadap korban pingsan.

Ketua Umum UKM Kesehatan Untag Surabaya Rizky Dwi F menjelaskan bahwa mereka membagi tim-tim yang telah terorganisir ke dalam titik-titik tertentu pada kegiatan PKKMB 2024 kali ini.

“Selama PKKMB, kami menurunkan 70 anggota untuk memastikan kesehatan seluruh civitas akademika. Pada Expo Campus, kami melibatkan 90 anggota,” ujarnya.

BACA JUGA:Sambut Mahasiswa Baru, Untag Surabaya Tekankan Teknologi untuk Budi Pekerti

Kategori :