Berkah Putusan MK, PDI-P Usung Tri Rismaharini-Gus Hans di Pilgub Jatim

Kamis 29-08-2024,10:10 WIB
Reporter : Rahmad Hidayat
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Berkah hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memungkinkan PDI Perjuangan mencalonkan sosok  Tri Rismaharini (Risma) dan KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) untuk kepentingan masyarakat Jawa Timur. 

Tepat hari terakhir pendaftaran bakal calon di KPU Jawa Timur, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur akhirnya mengumumkan pasangan Tri Rismaharini  dan KH Zahrul Azhar Asumta sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan mereka usung.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno mengungkapkan, bahwa keputusan mengusung pasangan ini telah melalui proses yang panjang dan penuh pertimbangan dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. 

BACA JUGA:Risma Gandeng Gus Hans di Pilgub Jatim 2024

“Kami menerima kabar pasti bahwa pasangan Ibu Risma-Gus Hans akan diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Hanura, dan mungkin akan muncul Partai Ummat untuk  mendaftar ke KPU sebagai calon Gubernur-Wakil Gubernur dari PDI Perjuangan-Hanura untuk Jawa Timur,” ungkap Sri Untari, Kamis 29 Agustus 2024.

Menurut Sri Untari, keputusan ini merupakan hasil pemikiran mendalam dari Megawati Soekarnoputri yang melihat bahwa pasangan Risma-Gus Hans adalah perpaduan yang ideal antara senior dan junior serta nasionalis dan religius.

"Alhamdulillah, hasil kontemplasi dan pemikiran panjang Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri, menemukan dua nama itu. Ini adalah perpaduan antara senior dan junior, serta perpaduan nasionalis dan religius," ujarnya.

BACA JUGA:Risma Ikut Berebut Kursi Gubernur Jawa Timur

Lebih lanjut, perempuan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim itu menuturkan, Tri Rismaharini dijadwalkan akan melakukan ziarah ke makam Gubernur Suryo di Magetan. Kemudian ke Surabaya, Risma akan melanjutkan nyekar ke Makam Mbah Bungkul, Sunan Ampel, dan makam para pejuang nasional seperti Bung Tomo dan WR Soepratman. Rangkaian ziarah ini akan diakhiri dengan shalat Ashar di Masjid Agung. 

“Lalu ke DPD untuk persiapan kirab budaya dalam rangka persiapan ke pendaftaran KPU,” lanjut Sri Untari.

Sri Untari menegaskan bahwa pemilihan Risma-Gus Hans sebagai bakal calon gubernur - wakil gubenur adalah keputusan tepat karena dapat mewakili berbagai lintas generasi di Jawa Timur. 

BACA JUGA:PDIP Bakal Usung Risma di Pilgub Jatim 2024

"Ibu Risma mewakili generasi x, sementara Gus Hans meakili genrasi milenial dan z yang di Jawa Timur mencapai lebih dari 50 persen," terangnya.

Untuk Pilkada Jawa Timur ini, PDI Perjuangan mengusung tema "Resik" yang merupakan akronim dari Responsif, Efisien, Smart, Integritas, dan Konsisten. Tema ini, menurut Sri Untari, mencerminkan komitmen pasangan calon untuk membawa perubahan positif di Jawa Timur. 

"Kita akan membawa Ibu Risma untuk bisa resik-resik di Jatim, resik atine, resik pikirane, resik lingkungane, resik pemerintahane," tegasnya.

Kategori :