Gebyar Sadar Pajak, Pj Wali Kota Malang : Pajak Topang Pembangunan dan Penyediaan Layanan Publik

Minggu 25-08-2024,06:00 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Muhammad Ridho

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM menyampaikan pajak sebagai penopang penting mendukung penyediaan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan pelayanan publik. 

Ini disampaikan Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan pada acara Gebyar Sadar Pajak (GSP) Tahap I Tahun 2024, di Gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Jumat 23 Agustus 2024. 

BACA JUGA:Gebyar Sadar Pajak I 2024, Pj Wali Kota Malang Harap Akhir Tahun Target Pajak Terpenuhi

Acara yang diinisiasi oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang ini dihadiri Pj Ketua TP PKK Kota Malang Septiana Iwan Kurniawan, Sekretaris Daerah Kota Malang, Forkopimda Kota Malang, Kepala Perangkat Daerah, Ketua DWP, Camat, Lurah, LPMK, dan stake holder perpajakan di lingkungan Pemkot Malang.

Iwan Kurniawan dalam sambutannya menyatakan pajak merupakan pilar utama dalam pendanaan pembangunan dan penyediaan layanan publik sehingga kesadaran masyarakat untuk membayar pajak dengan patuh dan ikhlas adalah kunci utama keberhasilan pembangunan kita bersama.

“Oleh karenanya, Gebyar Sadar Pajak Tahap I Tahun 2024 ini merupakan momentum penting dalam membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat kita untuk membayar pajak sebagai kontribusi nyata dalam pembangunan Kota Malang,” kata Iwan.

BACA JUGA:Gebyar Sadar Pajak II Bapenda Kota Malang : Tukarkan Bill Hotel & Restoran, Peluang Dapat Hadiah Mobil

Lebih lanjut, Iwan mengatakan apabila pajak terrealisasi sesuai targetnya, otomatis pembangunan di Kota Malang baik infrastruktur maupun sosial akan berjalan dengan baik pula. 

Berdasarkan data yang ada, realisasi pajak daerah pada tribulan 3 per Agustus ini telah mencapai Rp. 433,997,587,898.97 dari target Rp. 387,954,540,000.00 atau dalam prosentase ada diangka 111.9%.

Atas data tersebut, Pj Wali Kota Iwan Kurniawan memberikan apresiasi positif atas kinerja Bapenda Kota Malang dan seluruh Perangkat Daerah terkait.

“Terima kasih atas kinerjanya yang sangat baik selama ini, namun demikian, perlu tetap diperhatikan meskipun untuk beberapa jenis pajak telah mencapai target, tapi masih ada yang belum memenuhi target. Hal inilah yang harus menjadi perhatian sekaligus dievaluasi permasalahannya serta dicarikan solusi agar jenis pajak yang belum memenuhi target tersebut dapat mencapai atau bahkan melebihi target yang telah ditentukan,” katanya.

BACA JUGA:Gebyar Sadar Pajak dan Malang Flower Carnival Bius Ribuan Pengunjung

BACA JUGA:Bupati Fadeli Launching Gerakan Sadar Pajak di Kabupaten Lamongan

Pj Wali Kota Iwan Kurniawan mengharapkan perangkat daerah terkait agar senantiasa memotivasi dan mendorong masyarakat untuk lebih memahami bahwa pajak bukan hanya kewajiban, tetapi juga investasi untuk masa depan yang lebih baik.

Bahkan, Pj Wali Kota Iwan Kurniawan juga mengajak Camat dan Lurah Se-Kota Malang untuk berkomitmen bersama agar nanti saat pelaksanaan Gebyar Sadar Pajak Tahap II pada bulan Desember 2024 target pajak di seluruh wilayah Kota Malang dapat tercapai 100 persen atau bahkan lebih.

“Kalau perlu saya akan telponin Camat dan Lurah setiap hari untuk terus mengingatkan dan mendorong mereka agar jemput bola pada masyarakat untuk segera membayar pajak,” tambahnya. 

Kategori :