Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Surabaya Sosialisasikan Pilkada 2024 ke Kalangan Emak-emak

Jumat 23-08-2024,12:58 WIB
Reporter : Alif Bintang
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Upaya maksimal terus dilakukan oleh KPU Surabaya dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih Pilkada Serentak 2024.

Terbaru, KPU Surabaya melakukan sosialisasi dalam bentuk tatap muka menyasar pemilih perempuan dan segmen keagamaan di Kelurahan Bangkingan, Kecamatan Lakarsantri.

Di hadapan para jamaah, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Surabaya Subairi menyatakan, ikhtiar lahir batin dilakukan dalam mensukseskan pilkada yang akan dilaksanakan Rabu, 24 November mendatang.

BACA JUGA:KPU Surabaya Targetkan Coklit Rampung 13 Juli 2024

"Tentu semua dalam upaya peningkatan partisipasi masyarakat, mengajak dan mendorong pemilih datang ke TPS," ujarnya, Jumat, 23 Agustus 2024.

Pria yang akrab dipanggil Bairi ini menerangkan, sosialisasi tatap muka di hadapan ibu-ibu jamaah merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam peningkatan partisipasi masyarakat. Terlebih, melalui segmen perempuan yang berbasis komunitas keagamaan dinilai sangat efektif.

Pemilih perempuan, oleh Bairi juga dinilai mampu menjadi penggerak. Agen yang maksimal dalam mengajak untuk datang ke TPS. 

BACA JUGA:Pilkada 2024, KPU Surabaya Minta Anggota PPS Jaga Integritas

"Minimal, ibu-ibu bisa mengajak suami, anak dan tetangga kanan kiri untuk datang ke TPS. Pengaruhnya sangat maksimal," terang Bairi.

Dia berpesan, agar para ibu-ibu jamaah menjadi pemilih cerdas dalam Pilkada Serentak 2024. Salah satunya, memilih dengan berdasar pada visi dan misi pasangan calon.

"Tolok ukur pemilih cerdas, minimal datang ke TPS. Lalu jak seluruh keluarga, sanak saudara dan tetangga sekitar," tegasnya.

BACA JUGA:Paslon Independen Maju Pilkada, KPU Surabaya: Minimal Kantongi 144.209 Pemilih

Sementara itu, salah satu jamaah Novi Anas dari Azzahrah Bangkingan menilai, sosialisasi tatap muka sangat efektif. Sebab bisa bertemu langsung dan mendapat informasi yang utuh terkait tahapan pilkada.

Para jamaah juga mengaku lebih memahami terkait apa yang akan dilakukan dan dipersiapkan. Termasuk mengetahui pelaksanaan pemungutan suara, yang jatuh di hari Rabu, 27 November nanti.

"Sangat membantu kami dan memberi semangat untuk datang ke TPS," ungkapnya.

Kategori :