PKM Rambipuji Jemput Bola Selamatkan Generasi Muda, Gelar Vaksinasi BIAS di SDN Kaliwining 01

Jumat 23-08-2024,12:48 WIB
Reporter : Edi Winarko
Editor : Fatkhul Aziz

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - SDN Kaliwining 01, Rambipuji, Jember, sukses melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan capaian yang menggembirakan. Sebanyak 54 siswa kelas 1 menerima vaksin MR untuk mencegah campak dan rubella, sedangkan 11 siswa kelas 5 divaksin HPV guna mencegah kanker serviks.

dr. Rumi Enggarwati, Kepala Penyuluh Kesehatan Masyarakat (PKM) Puskesmas Rambipuji, menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting mengingat tingginya angka penderita kanker serviks di Indonesia. Kendati pelaksanaan BIAS sempat terkendala oleh berbagai kegiatan perayaan HUT RI, namun tim kesehatan tetap berupaya maksimal untuk mencapai target vaksinasi.

Menurut dr Rumi hari ini menyasar usia 7 tahun Kelas 1 sebayak 54 anak, Vaksin MR (Measles) Rubella untuk melawan Virus penyebab Campak dan Rubella sedangkan untuk usia 11 tahun Kelas 5, sejumlah 11 Vaksin HPV (Human Papilloma Virus) mencegah terjadinya Kanker Cervix (mulut rahim).

BACA JUGA:FK Unej Ajak Ibu Muda Rambipuji Siapkan Menu Sehat Cegah Stunting

"Bulan imunisasi anak sekolah dimulai di bulan Agustus hingga bulan September dilakukannya kegiatan yang hari ini itu dilakukan di kelas 1, mereka mendapat suntikan Measles Rubella untuk melawan Virus penyebab Campak sedangkan di kelas 5, Vaksin HPV (Human Papilloma Virus) mencegah terjadinya Kanker Cervix (mulut rahim). " jlentreh Rumi.

Pasalnya Indonesia masuk tiga besar dunia tertinggi menyandang kanker serviks, sehingga Pemerintah mencanangkan BIAS bagi anak perempuan usia 11 tahun secara berkelanjutan dan untuk Kabupaten mulai di bulan Agustus hingga September. 

Menurut Rumi, sebelumnya dilakukan imunisasi melakukan komunikasi dengan sekolah supaya anak-anak itu juga mendapat edukasi dan mendapat izin ya dari orang tua masing-masing, sehingga ketika waktunya imunisasi hari ini anak-anak itu sudah siap Kondisinya sudah sarapan begitu dan tidak dalam kondisi sakit.

BACA JUGA:Polres Jember Kawal Aksi Aliansi Masyarakat Pemuda Rambipuji dan Panti Utara Geruduk Kantor KPU-Bawaslu

"Untuk kendala pelaksanaan nya banyak kendala pada nonteknis, pasalnya di bulan kemerdekan banyak kegiatan perayaan peringatan HUT RI, sehingga kami harus yang menyesuaikan dengan sekolah, jadi banyak anak yang capek dan sakit tidak boleh divaksin, nanti dijadwal sendiri yakni sweeping, menyasar yang sempat sakit dan yayasan maupun pondokan, serta anak jalanan, " ungkap Rumi.

Rumi menambahkan, untuk sasaran wilayah PKM Rambipuji, Sasaran Usia 7 tahun kelas 1 sejumlah 866 dan untuk usia 11 tahun kelas 5 sebayak 360, Keseluruhan berjumlah 1226 sasaran. Capaian sudah terselesaikan (kelas 1 sejumlah 530 sedangkan kelas 5 sebanyak 254 anak, total keseluruhan sebanyak 784 sasaran.  

M. Agus Fauzi, guru senior kelas VI SDN 01 Kaliwining, menyampaikan bahwa kegiatan imunisasi ini merupakan kegiatan rutin yang selalu mendapatkan dukungan penuh dari pihak sekolah dan wali murid. “Respon wali murid terhadap program imunisasi kali ini sangat baik. Kami telah melakukan sosialisasi kepada wali murid jauh-jauh hari, dan alhamdulillah mereka sangat mendukung,” ujar Fauzi.

BACA JUGA:Ciptakan Pemilu Aman dan Damai, Koramil Rambipuji Latih Kebugaran Linmas dan Ketua RW

Sementara, Salah satu Siswi Kelas V, Jihan Vanesha Baidowi, mengaku senang, meski awalnya takut sakit. "Sebelu disuntik oleh bu dokter saya takut sakit, karana saya kepingin sehat maka memberanikan diri eh ternyata tidak sakit, " Jihan.

Kategori :