Asah Kualitas SDM, Polres Bangkalan Gelar Pelatihan Fungsi Tehnik Kepolisian Reskrim

Kamis 22-08-2024,09:31 WIB
Reporter : Herry Sunaryo
Editor : Fatkhul Aziz

BANGKALAN, MEMORANDUM.CO.ID - Kiat Kapolres Bagkalan AKBP Febri Isman Jaya untuk meningkatkan kualitas SDM anggota Polri di lingkup Polres dan 17 Polsek jajaran terus dipacu dari waktu ke waktu. Tujuannya untuk memaksimalkan peran dan fungsi anggota polres sebagai pemegang amanah pelindung, penganyom dan pelayan masyarakat. 

“Termasuk  peran Polisi sebagai bagiandari  APH ( Aparat Penegak Hukum) tentunya, ” jelas AKBP Febri, sapaan akrab Kapolres, Kamis 22 Agustus 2024 pagi. 

Tergetnya, agar mereka yang mengemban tugas sebagai penyidik di lingkup  polres dan polsek jajaran, memiliki bekal kemampuan yang mumpuni, selaras dengan perkembangan jaman.

BACA JUGA:Polwan Polres Bangkalan Donor Darah di HUT Ke-76

Terlebih ketika peradaban tengah memasuki era kemajuan tehnologi digital seperti saat ini. Kadar kualitas kemampuan penyidik reskrim polres dan Polsek jajaran, harus  terus di asah, agar mampu menyelaraskan diri.

Termasuk kemampuan untuk menerapkan tehnik penyidikan berbasais scientific crime investigation dalam setiap ungkap kasus kejahatan harus dikuasai. ”Tidak boleh tidak. Karenanya, kemampuan para penyidik harus rutin kita benahi,” tegas AKBP Febri. 

Seperti, Selasa 21 Agustus 2024 lalu, Kapolres melalui  Kabag SDM dan Kasat Reskrim, kembali berinisiatif menggelar pelatihan Fungsi Tehnis Kepolisian Reserse dan Kriminal di Aula Wicaksana Laghawa Mapolres.

BACA JUGA:Patroli Malam Kawasan Rawan Tindak Kejahatan, Polres Bangkalan Cegah Gangguan Kamtibmas

Sedikitnya 50 personel di lingkup Satreskrim Polres dan Unit Reskrim polsek jajaran, ikut ambil bagian dalam forum pelatihan yang dibuka oleh Kabag SDM Kompol Hartanta. Sedangkan Kasat Reskrim,AKP Heru Cahyo Seputro,  dan Kanit Pidum, Iptu Mas Herly Susanto, ketiban sampur sebagai pemateri. 

Menu materi pelatihan kali ini fokus pada tehnik penindakan terhadap para pelanggar tertib lalu-lintas di jalan raya. Termasuk disisipkan pula  tehnik dan prosedur layanan terkait pegurusan surat-surat kendaraan. 

Sudah barang tentu juga tentang tehnik penyidikan ungkap kasus tindak kejahatan terkait kendaraan bermotor, seperti curanmor, begal motor, serta penggelapan kendaraan. “Pelatihan ini bertujan untuk mengasah dan menambah pengetahuan baru bagi para penyidik yang sudah lama berkecimpung dibidang reskrim,” kata Kabag SDM Kompol Hartanta. Juga untuk menanamkan pemahaman secara mendalam terhadap  para penyidik baru tentang Fungsi Tehnik Kepolisian Reskrim. 

BACA JUGA:Wakapolres Bangkalan Ajak Warga Bersinergi Dukung Deklrasi Damai Pilkada Serentak

Targetnya agar mereka memiliki  standarisasi kemampuan yang efektif, efisien dan profesional dalam menjalankan tugas penyidikan, selaras dengan ketentuan hukum yang berlaku.

“Kesimpulannya, agar di era kemajuan tehnologi digital saat ini, para penyidik punya modal kemampuan yang  up to date ,  profesional, efektif dan efisien dalam menjalankan tugas penyidikan,” pungkas Kompol Hartanta.(ras/day)

Kategori :