Aksi Heroik Petugas Satpol PP Paciran Lamongan Panjat Tiang Bendera

Minggu 18-08-2024,06:00 WIB
Reporter : Biro Lamongan
Editor : Muhammad Ridho

LAMONGAN, MEMORANDUM.CO.ID - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan memanjat tiang bendera saat peringatan upacara HUT ke 79 kemerdekaan RI, viral di media sosial.

Momentum ini terjadi saat upacara peringatan HUT ke 79 kemerdekaan RI yang dilaksanakan tepatnya di Lapangan Penanjan, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Sabtu 17 Agustus 2024.

Aksi heroik dilakukan dalam sebuah video berdurasi 1 menit ini, diketahui anggota Satpol PP tersebut bernama Ghofur terlihat dengan sigap melepas sepatu dan sabuknya kemudian langsung memanjat tiang bendera.

Diketahui, dalam keterangan video tersebut, Insiden upacara HUT RI ke 79 di lapangan Penanjan Paciran, tali bendera putus setelah pengibaran benderah.

BACA JUGA:Viral Aksi Heroik Bripda Novandro Ganjal Bus Pakai Motornya, Diganjar Penghargaan Kakorlantas Polri

Ali Ghofur Ashfi naik tiang bendera kemudian, tangan satu pegangan tiang dan tangan satunya memegang bendera merah putih lepas dari talinya dan jatuh ke tanah usai ditarik oleh petugas upacara yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya. 

Namun karena yang lepas diatas maka bendera diberikan kembali kepada petugas pengibar bendera, sampai-sampai bendera merah putih dibiarkan menyentuh tanah oleh petugas pengibar bendera.

Sikap tanggap juga dilakukan oleh anggota TNI Angkatan Darat berlari menuju tepat dibawah tiang bendera dan mengangkat dengan tangannya agar jangan sampai bendera merah putih hingga menyentuh tanah.

Sembari demukian, Ghofur meneruskan untuk memanjat tiang bendera merah putih tersebut. Dalam beberapa detik, Ghofur sudah mencapai puncak tiang. 

Tepuk tangan riuh menyambut Ghofur saat mencapai puncak. Dia pun langsung menarik tali yang lepas dari tali pengaitnya itu.

Tak butuh waktu lama, anggota Satpol PP telah memegang tali pengait bendera dan dia pun turun ke bawah. Lagi, tempuk tangan pun kembali diberikan kepada Ghofur. Dia kemudian kembali ke barisan upacara untuk mengikuti upacara kemerdekaan.

BACA JUGA:Aksi Heroik Petugas Damkar Surabaya 9 Jam Jinakkan Kobaran Api di Gudang Tiner

Berkat aksi heroiknya tersebut, Ghofur mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan. Termasuk apresiasi juga datang dari orang nomor satu di Kota Soto. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengundang Ghofur di pendopo Lokatantra Pemkab. Lamongan, pada Sabtu malam.

"Tak tanggung-tanggung, pak Ghofur diundang oleh pak Bupati Lamongan pada acara resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan RI," terang Sami'an, Camat Kecamatan Paciran, Lamongan.

Tags :
Kategori :

Terkait