Jamin Kondusifitas Pilkada 2024, Polrestabes Surabaya Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024

Jumat 16-08-2024,18:51 WIB
Reporter : Oskar Rio
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Kesiapan untuk mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kota Surabaya ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024 di Lapangan A Mapolrestabes Surabaya pada Jumat 16 Agustus 2024.

Gelar Pasukan yang dipimpin Kapolrestabes Surabaya Kombespol Pasma Royce dihadiri Sekda Kota Surabaya, Danrem 084/BJ diwakili Pasi Intelejen, Komandan Kodim diwakili Pasiops, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kasatpol PP Kota Surabaya, Kadishub, Kepala BPBD Kota Surabaya, dan PJU Polrestabes Surabaya.

BACA JUGA:Profil dan Harta Kekayaan Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono

Adapun pasukan yang dilibatkan Satuan Patroli Motor Samapta, TNI, Polri, Dishub, dan Pol PP serta Kendaran Roda 4 dari Polri.

Operasi Mantap Praja Semeru 2024 yang akan berlangsung dari 19 Agustus hingga 31 Desember 2024.

Apel gelar pasukan diakhiri dengan pengecekan kesiapan personel serta sarana dan prasarana oleh Kapolrestabes Surabaya didampingi PJU dan perwakilan dari stakeholder kota Surabaya.

BACA JUGA:Kejari Surabaya Serahkan Memori Kasasi ke PN Surabaya, Kasi Intel: Kami akan Buktikan Putusan Hakim Salah

Operasi Mantap Praja Semeru 2024 ini melibatkan berbagai unsur gabungan, termasuk Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Damkar, Linmas, dan stakeholder terkait lainnya, untuk mengamankan objek-objek vital seperti kantor KPU dan Bawaslu serta melaksanakan patroli keamanan dan sosialisasi deklarasi damai.

Kapolrestabes Surabaya Kombespol Pasma Royce menyatakan bahwa Operasi Mantap Praja Semeru 2024 akan berlangsung selama 135 hari, dengan fokus pada pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Pilkada serentak di tingkat kabupaten/kota.

BACA JUGA:Penggeledahan Gedung Setdaprov Jatim Tuntas, KPK Bawa 1 Koper Merah

“Dalam beberapa bulan terakhir, suhu politik telah meningkat dengan munculnya sejumlah calon kepala daerah, yang merupakan bagian dari dinamika demokrasi. Meski begitu, semua pihak, termasuk masyarakat, diimbau untuk tetap menjaga situasi agar tetap damai,” tegasnya.

BACA JUGA:KPK Kembali Lakukan Penggeledahan di Gedung Pemprov Jatim Terkait Kasus Dana Hibah

“Mari kita bersama-sama sukseskan Pilkada serentak 2024 dengan semarak, aman, dan damai. Jangan mudah terpengaruh oleh berita hoaks, SARA, dan politik identitas. Mari kita jaga kota Surabaya tetap kondusif, aman, dan nyaman,” pesannya. (rio)

Kategori :