Polres Bangkalan Gelar Simulasi Tactical Floor Games Jelang Pilkada Serentak

Rabu 14-08-2024,09:15 WIB
Reporter : Biro Madura
Editor : Fatkhul Aziz

BANGKALAN, MEMORANDUM - Dipandu langsung Kapolres AKBP Febri Isman Jaya, Polres Bangkalan menggelar simulasi Taictical Floor Games (TFG) di Gedung Serba Guna Ratoh Ebuh. Kegiatan ini digelar memaksimalkan kesiapan Operasi Mantap Praja Semeru jelang Pilkada Serentak, 27 November 2024 mendatang. 

Kerenanya, simulasi TRC wajib  diikuti, dicermati dan dipahami oleh seluruh Pejabat Utama Polres dan semua Kapolsek di 17 Polsek jajaran. Sebab kegiatan TRC dirancang khusus terkait skenario tehnik,  taktik dan strategi untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas. 

Terutama mengantisipasi potensi terjadinya kericuhan berbasis politik praktis selama tahap persiapan dan dan gelaran Pilbup dan Pilgub Jawa Timur digeber di Kabupaten Bangkalan 27 November 2024 mendatang.

“Jadi seluruh PJU Polres wajib ikut untuk mencermati dan memahami tehnik, taktik dan strategi sispamkota  yang disimulasikan melalui kegiatan TFG ini. Tidak boleh tidak,” tegas AKBP Febri.

 BACA JUGA:Terekam CCTV, Satreskrim Polres Bangkalan Bekuk Maling Burung Murai di Perum Griya Abadi

Terlebih, lanjut Kapolres, dalam giat simulasi TFG ini juga dipraktikkkan kesigapan alur koordinasi antara personel polres sebagai penanggung jawab pengamanan Pilkada digarda terdepan dengan instansi lintas sektoral terkait. 

Muara tujuan, agar Kabupaten Bangkalan tetap terpelihara kondusif. Baik saat sikon tahapan persiapan yaag sudah dimulai sejak Mei lalu,  maupun saat pelaksanaan Pilbup dan Pilgub Jawa Timur digeber November nanti.

 Itu sebabnya, kegiatan simulasi  TFG ini, menurut Kapolres, merupakan baian dari upaya untuk  memaksimalkan kesiapan aparat agar pemiliki kemempuan afektif dan terukur untuk mengamankan agenda Pilkada Serentak, sebagai bagian dari kontestasi demokrasi rakyat skala nasional ini.

Dalam aplikasinya, simulasi sismpamkota TFG lebih difokuskan terhadap missi pengamanan beberapa obyek vital di lingkup perkotaan. Diantaranya pengamanan terhadap logisti KPU, kantor dan gudang KPU, Kantor Bawaslu, serta pengamanan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati serta pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur yang berkontestasi dalam Pilkada Serentak.

BACA JUGA:Satreskrim dan Satlantas Polres Bangkalan Patroli Akhir Pekan Cegah 3C dan Balap Liar

“Sudah barang tentu juga harus berkemampuan mengantisipasi kemungkinan terjadinya potensi kericuhan di jalanan, seperti aksi demo beraroma kepentingan politik praktis,” pungkas AKBP Febri. (Ras/day)

Kategori :