Komitmen Perbaiki Kinerja Notaris, Kadiv Yankumham Silaturahmi dengan MPDN Tulungagung dan Trenggalek

Senin 05-08-2024,14:03 WIB
Reporter : Sujatmiko
Editor : Ferry Ardi Setiawan

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM – Kanwil Kemenkumham Jatim terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan menegakkan hukum di bidang kenotariatan. Salah satu langkah konkretnya adalah dengan menggelar silaturahmi dengan Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek, Senin 5 Agustus 2024.

BACA JUGA:Pokja Perancang Per-UU Kanwil Kemenkumham Jatim Berikan Rekomendasi Raperda Kabupaten Trenggalek

Kadiv Yankumham Jatim Dulyono bertemu Notaris yang dipimpin Wakil Ketua MPDN Tulungagung Sri Areni. Menurut Sri, terdapat lima kendala yang dihadapi MPDN Tulungagung dan Trenggalek.

Salah satunya adalah adanya notaris yang memasang papan nama yang bentuk dan ukurannya tidak sesuai aturan. Hal ini berpotensi melanggar Pasal 3 ayat (9) tentang Kode Etik Notaris.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Jatim Harap Peningkatan Disiplin dan Kekompakan Pegawai

"Selanjutnya adanya minuta yang tidak dibendel yang juga berpotensi melanggar peraturan perundang-undangan," urai Sri.

Selain itu, lanjut Sri, ada juga pengajuan notaris pengganti dikarenakan cuti menjalankan jabatan lain tidak sesuai ketentuan yang ada. Juga tata cara pengajuan saksi ahli dari notaris yang merupakan anggota majelis.

BACA JUGA:Lantik 23 Pejabat Manajerial, Kakanwil Kemenkumham Jatim Ajak Wujudkan Good and Clean Governance

"Terakhir masih ada data notaris pensiun dan meninggal dunia atau pindah kewarganegaraan yang tidak dilaporkan oleh MPD," ujar Sri melaporkan.

Dari kendala-kendala yang dihadapi MPDN Tulungagung dan Trenggalek, Dulyono mengingatkan terkait tugas MPD diantaranya melakukan pemeriksaan rutin, pemeriksaan notaris atas pengaduan masyarakat dan pemeriksaan notaris berdasarkan fakta hukum. 

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Jatim Tegaskan Terus Perbaiki Tata Kelola Layanan Publik untuk Pemberantasan Korupsi

"Kewenangan tersebut harus dijalankan oleh MPD sebagai upaya perbaikan kinerja notaris dan penegakkan pelaksanaan jabatan notaris," jelasnya. 

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Jatim Tekankan Pentingnya Perubahan Paradigma dalam Strategi Kehumasan

Dulyono juga memberikan masukan terkait penanganan pengaduan dan pelanggaran yang dilakukan oleh notaris. Terutama agar segera diproses dan ditindaklanjuti oleh MPD. 

BACA JUGA:Buka Masa Orientasi CPNS Angkatan 2024, Kakanwil Kemenkumham Jatim Harap Terbentuk Karakter PASTI BerAKHLAK

Kategori :