Patroli Genthong Polres Trenggalek Salurkan Bantuan Air Bersih ke Warga

Jumat 09-08-2024,12:54 WIB
Reporter : Rahmad Hidayat
Editor : Fatkhul Aziz

TRENGGALEK, MEMORANDUM - Patroli Genthong Polres Trenggalek kembali beraksi. Patroli berorientasi pada kegiatan kemanusiaan ini digelar untuk membantu masyarakat di daerah yang mengalami kekeringan ekstrim dan kesulitan air bersih.

Patroli Genthong digagas pertama kali oleh Polsek Dongko, yang memiliki tugas pokok membantu menyalurkan kebutuhan air bersih kepada warga. Genthong dalam bahasa jawa merupakan sebutan untuk tempat menyimpan air yang terbuat dari tanah liat.

Dalam implementasinya, Polsek Dongko memodifikasi kendaraan dinas yang biasa digunakan untuk patroli sebagai kendaraan angkut air. Diatasnya, disiapkan sebuah tangki atau tandon air berkapasitas 1.800 liter.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi atas kreativitas dan inovasi Polsek Dongko dalam upayanya membantu masyarakat yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

BACA JUGA:Polres Trenggalek Bekuk Pelaku Curat

“Sangat bagus. Kita berdayakan sumberdaya yang kita miliki untuk sebesar-besarnya kepentingan masyarakat. Kebetulan saat ini beberapa wilayah di Trenggalek mengalami kekeringan ekstrim sehingga kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Kehadiran patroli genthong ini tentunya sangat membantu dan dinantikan oleh masyarakat.” Jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Dongko Iptu Cikini S.Pd. menuturkan, Patroli Genthong ini sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa waktu terakhir mengingat kebutuhan masyarakat akan air bersih sangat mendesak. Sementara untuk mencukupi kebutuhannya, warga harus rela berjalan cukup jauh hanya untuk mendapatkan air.

Air bersih itu sendiri diambil dari saluran air PDAM yang berada di Mapolsek Dongko, untuk kemudian dikirimkan kepada warga yang membutuhkan.

“Hari ini kami kirimkan ke wilayah Desa Petung. Ada kurang lebih 15 KK yang bisa kita salurkan,” ujarnya.

BACA JUGA:Polres Trenggalek Bongkar Korupsi Dana BOS

Kedatangan Patroli Genthong ini disambut antusias warga. Sejumlah warga khususnya kalangan emak-emak nampak sudah menyiapkan sejumlah wadah air seperti ember, genthong plastik, hingga galon didepan rumah mereka. Bagi yang rumahnya berada cukup jauh, petugas juga menyiapkan jeriken dan mengantar hingga kerumah warga.

“Kita upayakan Patroli Genthong ini bisa kita laksanakan setiap hari. Dalam satu hari bisa 2-3 kali pengiriman,” pungkasnya.(ags/nus/day)

Kategori :