Luar Biasa! Indonesia Raya Berkumandang di Olimpiade Paris dari Cabor yang Tidak Diunggulkan

Kamis 08-08-2024,18:31 WIB
Editor : Eko Yudiono

MEMORANDUM-Indonesia pecah telur medali emas. Adalah atlet panjat tebing Veddriq Leonardo yang membuat Lagu Indonesia Raya berkumandang di Olimpiade Paris 2024.

Berlomba di Le Bourget Climbing, Paris, Kamis 8 Agustus 2024, Veddriq mencatat waktu 4,75 untuk mengalahkan Wu Peng dari China. Sedangkan perunggu diraih atlet Amerika Sam Watson dengan waktu 4,77 detik mengalahkan atlet Iran Reza Alipour.

BACA JUGA:Maresca Sebut Enzo Fernandez Layak Jadi Kapten Chelsea

Di cabang Panjat tebing Indonesia diwakili empat atlet nomor speed. Rajiah Salsabillah kalah diperebutan perunggu sedangkan Desak Made berhenti di perempat final sedangkan Rahmad Adi Mulyono gagal lolos ke fase gugur.

Tambahan satu medali emas membuat Indonesia berada di posisi ke-46 dari 74 negara yang berpartisipasi di ajang empat tahunan ini.

Veddriq Leonardo (lahir 11 Maret 1997) adalah seorang atlet panjat cepat asal Indonesia. Veddriq menjadi atlet panjat tercepat setelah mencetak rekor dunia di Piala Dunia IFSC 2023 Seoul dengan catatan waktu 4,90 detik.

BACA JUGA:Hasto Sampaikan Pesan Megawati, Caleg DPRD Terpilih Harus Perjuangkan Nasib Wong Cilik

Rekor tersebut ia raih setelah memanjat climbing wall setinggi 15 meter dengan catatan waktu tercepat di dunia pada 28 April 2023. Veddriq adalah manusia pertama di dunia yang resmi memanjat dengan hasil di bawah 5 detik.

Pada tahun 2014, ia mengikuti kejuaraan nasional pertamanya di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau di mana ia berada di delapan besar.[butuh rujukan] Pada tahun 2016, ia meraih medali pertama (perunggu) di kejuaraan nasional junior di Bangka Belitung.

Turnamen internasional pertamanya adalah Piala Dunia IFSC Moskow 2018 di mana ia menempati posisi ketiga.(*)

Kategori :