Lagi! Kemenkumham Maluku Borong Penghargaan Pengelolaan Keuangan dari KPPN

Jumat 02-08-2024,09:00 WIB
Reporter : Sujatmiko
Editor : Muhammad Ridho

MALUKU, MEMORANDUM - Satuan kerja di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM Maluku kembali memborong penghargaan dalam ajang Evaluasi Laporan Keuangan 2023 yang telah diaudit, Evaluasi Pelaksanaan Anggaran, serta pemberian penghargaan Nusa Ina Treasury Awards yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Masohi, Kamis, 1 Agustus 2024.

ini menjadi bukti nyata komitmen Kemenkumham Maluku dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan.

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Masohi berhasil meraih peringkat kedua dalam kategori Kinerja Pengelola APBN Terbaik untuk satuan kerja dengan pagu sedang. Prestasi ini tidak lepas dari upaya maksimal seluruh pegawai Rutan Masohi dalam mengelola anggaran dengan efisien dan efektif.

BACA JUGA:Klinik Rutan Masohi Terakreditasi Paripurna, Kakanwil Kemenkumham Maluku Puji Kinerja Jajaran

BACA JUGA:Pengawasan Intensif, Kemenkumham Maluku Dukung Pelestarian Tenun Tanimbar

Salah satu faktor kunci keberhasilan Rutan Masohi adalah penerapan sistem pengendalian internal yang kuat serta pemantauan kinerja yang berkelanjutan hingga juga menobatkan Pegawai Bakia Kilian sebagai Bendahara Teladan Se-Wilayah kerja KPPN Masohi.

Pada kategori satuan kerja dengan pagu kecil, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di bawah Kemenkumham Maluku berhasil menyapu bersih tiga besar. Lapas Saparua keluar sebagai peringkat pertama, diikuti oleh Lapas Bandaneira di peringkat kedua, dan Lapas Wahai di peringkat ketiga.

Prestasi gemilang ini menunjukkan bahwa Lapas-Lapas di Maluku telah mampu mengoptimalkan penggunaan anggaran yang terbatas untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pembinaan warga binaan.

BACA JUGA:Timpora Kemenkumham Maluku Tingkatkan Pengawasan Orang Asing di Seram Bagian Timur

BACA JUGA:Kemenkumham Maluku Hadiri Peluncuran Golden Visa oleh Presiden Jokowi

Tidak hanya Lapas, Balai Pemasyarakatan (Bapas) Saumlaki juga turut mengharumkan nama Kemenkumham Maluku. Bapas Saumlaki berhasil meraih peringkat ketiga dalam kategori pagu 2 sampai 10 miliar dalam penilaian IKPA terbaik yang dilakukan oleh KPPN Saumlaki.

Prestasi ini membuktikan bahwa Bapas Saumlaki telah berhasil menjalankan tugas dan fungsinya dalam memberikan layanan pembimbingan kepada mantan narapidana dengan baik.

Sebelumnya pada gelaran sama yang dilakukan oleh KPPN Ambon, Pegawai dan Satuan Kerja Kemenkumham dalam Pulau Ambon juga menduduki podium-podium pada kategori terbaik, diantaranya : Pegawai Kanwil Kemenkumham Maluku Johana Samiun memperoleh capaian Pengelolaan BMN terbaik se-Maluku oleh KPNL Ambon periode 2021-2023, Bapas Kelas II Ambon yang meraih IKPA tertinggi pertama kategori pagu kecil, Lapas Kelas III Namlea yang meraih IKPA tertinggi kedua, dan LPKA yang meraih IKPA tertinggi ketiga dari KPPN Ambon

BACA JUGA:Dukung Invensi dan Inovasi, Kemenkumham Maluku Gelar Bimtek Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten

BACA JUGA:Kemenkumham Maluku Gelar Audit On-Site Penerapan PMPJ bagi Notaris

Tags :
Kategori :

Terkait