Gibran Uji Coba Makan dan Susu Gratis untuk Anak SD di Surabaya

Kamis 01-08-2024,15:35 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM - Wakil Presiden Indonesia terpilih Gibran Rakabuming Raka melakukan uji coba pelaksanaan program makan dan susu gratis di salah satu sekolah dasar negeri di Kota Surabaya. 

Putra sulung Presiden Jokowi itu melakukan pengecekan percobaan pembagian paket makan gratis di SDN Klampis Ngasem III , Kamis 1 Agustus 2024. Ia pun didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan wakilnya Emil Elistianto Dardak. Tak hanya itu, Wali Kota Surabaya Wali Kota Eri Cahyadi itu juga turut mendampingi.

Perlu diketahui makan bergizi gratis merupakan program andalan dari presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Program tersebut diyakini bisa menekan angka tengkes (stunting) di Indonesia. Dalam uji coba kali ini, Gibran menegaskan bahwa anggaran per porsi makanan tersebut mencapai Rp 15 ribu. Namun setiap daerah, kata Gibran, harga maupun menu makanannya. 

BACA JUGA:Siap Kampanyekan Khofifah-Emil, Gibran: Tinggal Tunggu Kode

"Setiap kota pasti bervariasi (menu dan harganya). Seperti di kemarin di Bogor Rp 14.900, ini (di Surabaya) Rp 15 Ribu," ujar Gibran.

Menu yang disajikan dalam uji coba kali ini berisi makanan 5 sehat 4 sempurna. Mulai dari nasi, ayam saos manis, sayur, buah melon, dan susu UHT 200 mililiter. 

Gibran memuji Wali Kota Eri Cahyadi yang telah menjalankan program makan gratis untuk anak-anak sekolah dasar (SD) di Surabaya.

Dia menyebut Surabaya merupakan salah satu kota dengan uji coba program makan siang gratis terbaik, karena telah menerapkan multiplayer effect dan akan dijadikan percontohan. 

BACA JUGA:Mendadak Pagi Ini Gibran Gelar Pertemuan Tertutup di Rumah Khofifah, Ada Apa Ya?

Mantan Wali Kota Solo itu pun menerangkan bahwa program ini juga berdasarkan kajian akademis dan mendapatkan masukan-masukan dari orang tua siswa, serta masyarakat terkait masalah sampah packaging.

“Hari ini di Surabaya kebetulan Pak Wali Kota Surabaya sudah menemukan solusinya. Ke depan, apa yang sudah kita jalankan di Surabaya mungkin akan kita terapkan di kota-kota lain juga,” ungkapnya.

Selain Surabaya, program uji coba makan bergizi gratis juga sudah berjalan di Bogor dan Surabaya. Kemudian akan berlanjut ke Tangerang.

“Tadi sebelum ke sini mampir dulu ke salah satu UMKM yang mensuplai makanan. Jadi hari ini kita melibatkan banyak UMKM dan di Surabaya. Kemarin evaluasi di sentul, di Surakarta. Jadi hari ini banyak sekali yang dievaluasi,” kata Gibran. 

BACA JUGA:Jokowi dan Gibran Tak Hadiri Puncak Peringatan Hari Otoda Ke-28 di Surabaya

Kategori :