Butuh Me Time? Yuk, Coba 6 Cara Relaksasi Ini!

Senin 29-07-2024,06:46 WIB
Reporter : Digeris Bahrudin
Editor : Agus Supriyadi

MEMORANDUM - Kehidupan modern yang serba cepat seringkali membuat kita merasa lelah dan stres. Pekerjaan yang menumpuk, tuntutan sosial, dan berbagai masalah lainnya dapat menguras energi dan pikiran kita.

Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk diri sendiri atau yang sering disebut me time sangatlah penting.

Me time adalah waktu yang kita gunakan untuk beristirahat, bersantai, dan melakukan hal-hal yang kita sukai. Dengan me time, kita dapat memulihkan energi, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas hidup.

Lantas, bagaimana cara yang efektif untuk melakukan me time? Berikut ini adalah 6 cara relaksasi yang bisa kamu coba:

1. Mulailah Mencari Hal Baru

Setiap kali kita bekerja di kantor ataupun di lapangan, kalian pasti akan bosan dengan hal-hal pekerjaan yang hampir setiap hari kalian kerjakan, dengan cara memulai untuk mencari hal baru yang sebelunya belum pernah kita lakukan.

Mungkin itu akan bisa menjaga kesehatan otak kalian dan dapat mengurangi resiko kemampuan berfikir kalian karena tekanan dari pekerjaan.

BACA JUGA:Mengatasi Stres dengan Teknik Relaksasi dan Meditasi

BACA JUGA: Kalian Lagi Stress? Coba Terapi Mindfulness di Rumah, Simak Caranya!

Contohnya seperti menonton film ataupun menonton acara televisi dengan begitu kalian akan tahu budaya-budaya baru baik di dalam negeri ataupun di luar negeri dan itu akan bermanfaat bagi kalian untuk mempelajari hal yang sebelumnya tidak kalian ketahui.

2. Berlibur

Liburan adalah pilihan yang tepat untuk kalian lakukan untuk mengapresiasi diri kita sendiri, mulailah mencari destinasi wisata baru untuk kalian kunjungi, seperti ke pantai, gunung, kebun binatang, berkemah, dan masih banyak lagi.

Hal itu bisa anda lakukan dengan keluarga, pasangan, ataupun sendiri tergantung kebutuhan kita, dengan cara itu mungkin kita akan bisa tertawa lepas tanpa memikiran pekerjaan kita.

3. Realisasikan dengan Hobi

Mungkin sebelumnya anda memiliki hobi yang dulunya sering dilakukan, tetapi sekarang berbeda karena sudah berkerja dan tuntutan dari pekerjan sangatlah banyak sehinga seringkali kita lupa melakukan aktivitas untuk kesenangan (hobi) diri sendiri.

Mulailah ambil jatah cuti dari perusahaan untuk dapat merelaksasi diri kalian dengan hobi, dengan cuti kalian akan bisa lebih leluasa untuk menyenangkan diri kalian sendiri dengan hobi yang jarang anda lakukan.

4. Berbelanja

Berbelanja bukan hanya sekadar kebutuhan pokok untuk bertahan hidup saja, tetapi bisa juga kalian membeli sebuah barang atau makanan yang dulunya kalian sangat ingin beli tetapi dulu belum ada uang dan sekarang kalian sudah mempunyai uang lebih dari cukup.

BACA JUGA:5 Wisata Pemandian Air Panas Di Jawa Timur Ini Bisa Kurangi Stress!

Oleh karena itu jangan sayangkan uang dari kerja keras kalian demi membeli barang impian yang sebelunya belum pernah terbeli, karena uang bisa dicari lagi tetapi kesenangan tidak bisa terulang kembali kecuali anda memulainya.

5. Bermain Game

Bermain game adalah cara yang paling efisien untuk menghilangkan stress kita setelah lelap bekerja sepanjang hari. Mulailah dengan bermain game seperti PUBG Mobile, Mobile Legends ataupun yang lainya, tetapi jangan sampai lupa Waktu. Bermainlah secukupnya dan itu akan sangat membantu merefresh otak kita setelah lelap bekerja sepanjang hari

6. Meditasi atau Yoga

Mungkin dari kalian jarang atau hampir tidak pernah melakukan meditasi, padahal aktivitas ini sangatlah bermanfaat bagi kita. Seperti untuk mungurangi kecemasan kita, meningkaatkan fokus dan konsentrasi, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan rasa cinta terhadap diri kita sendiri dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Dengan begitu kalian akan merasa terbantu dengan aktivitas meditasi atau yoga ini karena stres kerja. Itulah beberapa alternatif untuk melakukan me time demi menjaga kesehatan mental kalian, dikarenakan stres kerja yang hampir setiap hari kita lakukan. (mg21)

Kategori :